Wednesday 23 January 2019

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android tanpa Coding

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding. Membuat aplikasi android itu memang tidak mudah, setidaknya sobat harus menentukan terlebih dahulu tujuannya, untuk apa membuat aplikasi tersebut. 

Pada awal-awalnya pembuatan aplikasi mobile membutuhkan keterampilan coding atau programmer yang mumpuni. Namun kini banyak aplikasi dan website yang memberikan kemudahan pembuatan aplikasi secara online, tentunya ada yang berbayar dan ada yang gratis.



Kali ini penulis hanya ingin berbagi ilmu sesuai dengan pengalaman penulis dalam membuat aplikasi-aplikasi android yang di antaranya memanfaatkan website di bawah ini :

Pada kesempatan ini penulis secara garis besar ingin menjelaskan bagaimana memulai atau mempersiapkan pembuatan aplikasi di website App Inventor.

Langsung saja sobat buka situsnya dengan alamat seperti dicantumkan di atas.

Ini tampilan situs pembukanya:



Kemudian klik tombol Create apps! yang ada di menu paling kanan.


Kemudian login dengan menggunakan akun yang dipunyai sobat, gmail misalnya. Setelah masuk maka akan seperti di bawah ini (kalau masih baru daftar My Project  masih kosong)




Kalau mau memulai membuat aplikasi tinggal klik tombol Start new Project yang ada di menu di bawah logo MIT App Inventor. Jangan lupa memberi nama aplikasi (jangan pake spasi).



Maka tampilan seperti di bawah ini, Tampilan ini adalah layar Designer  terdiri dari tiga kolom Pallete, Viewer, Components, dan Properties.



Layar Designer ini tempat untuk merancang tampilan aplikasi. Berbagai Component seperti Button, Label, atau Image akan ditarik dari Pallete dan ditempatkan di Viewer handphone ini.

Selain layar Designer, bila di klik tombol Blocks maka layar akan berpindah menjadi mode editor block, tempat untuk memasang-masangkan perintah code dalam bentuk blok-blok warna-warni yang memiliki aksi (action) tertentu pada handphone nantinya.

Untuk melihat bagaimana tampilan hasil rancangan aplikasi pada handphone, sobat tinggal klik menu drop down 

Connect > AI Companion
               > Emulator
               > USB

Untuk membuat file apk-nya tinggal klik tombol menu dropdown Build.

Demikian secara singkat cara mempersiapkan pembuatan aplikasi android ini secara online. Bila sobat ingin mempelajari lebih lanjut, MIT App Inventor juga menyediakan tutorialnya, sobat bisa mengeksplor di situs ini. Selain itu di Youtube juga banyak disediakan tutorialnya seperti di bawah ini.***




No comments:

Post a Comment