Wednesday 30 January 2019

Cara Mudah Instal App Inventor versi Offline di Laptop/PC Windows


Cara Mudah Instal App Inventor versi Offline di Laptop/PC Windows. Sebagian orang tidak tenang atau tidak biasa bekerja secara online apalagi durasi waktunya tidak sebentar, selain karena ingin menghemat kuota internet, juga bekerja jadi tidak fokus.

Begitu juga dengan membuat aplikasi android dengan MIT App Inventor. Resminya app maker ini ditujukan untuk pembuatan aplikasi secara online, namun demikian ada pihak yang bisa dan sukarela membuat versi offline-nya yang bisa di-instal di laptop atau personal computer (PC).


App Inventor 2 Ultimate atau disingkat AI2U merupakan App Inventor versi offline, bisa diunduh secara gratis di website https://sourceforge.net/projects/ai2u/. Ukuran total filenya 522 MB dan cara instalasinya cukup mudah. Tahap-tahapnya seperti di bawah ini:

  • Kunjungi website https://sourceforge.net/projects/ai2u/. Namun jangan langsung meng-klik tombol Download, scroll dulu ke bawah untuk memilih paket yang disediakan.
  •  Pilih AI2U-portable-v4.6-64bit.zip kalau Windows sobat sudah 64bit, atau pilih AI2U-portable-v4.6-32bit.zip kalau Windows sobat masih 32bit.
  • Silakan diklik pilihannya untuk mulai mendownload...
  • Setelah didownload, cari lokasi tempat file zip tersebut, dengan klik kanan pada bar bawah browser lalu klik pada menu drop down “Tampilkan dalam folder”.
  • Karena file-filenya masih dikompresi (zip files), maka perlu diekstrak terlebih dahulu, kalau WinRAR Zip sudah terpasang di komputer, maka tinggal klik 2x.
  • Setelh WinRAR aktif, silakan klik tombol Extract To, tentukan tempat menyimpannya apakah di drive C:, D:, atau di Desktop. Klik OK. Tunggu sampai semua file di-ekstrak.
  • Buka folder AI2U hasil ekstrak, buat shortcut pada file application-nya (icon bulat dengan tulisan CD) dengan cara klik kanan mouse “Create shortcut”.
  • Drag n drop hasil shortcut ke Desktop atau Taskbar. Dan AI2U siap dijalankan.
Jika shortcut AI2U di-klik akan muncul jendela App Inventor 2 Ultimate seperti di bawah ini:


Sebelum mulai meluncurkan App Inventor offline ini, semua server-nya harus diaktifkan terlebih dahulu dengan mengklik tombol “All AI2U Server”. Tunggu beberapa menit sampai jendela Command Prompt selesai menjalankan server.

Klik tombol “Start Invent” maka web browser dan App Inventor akan otomatis aktif, mirip versi online-nya, namun dengan url localhost. Jangan lupa tonton video tutorialnya di Youtube.
Demikian semoga bermanfaat.***


4 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

  2. dicoba keberuntungannya bersama dengan kami di ionqq*com
    hanya dengan minimal deposit 20.000
    ayooo buruan bergabung kami tunggu ya ^^

    ReplyDelete
  3. emulatornya ga jalan di win 10 64bit gan. punya agan bisa ga emu nya?

    ReplyDelete
  4. saya sudah ikuti langkahnya sampai pada tahap all ai2u server, namu saat klik start invent muncul pesan "https://localhost:8888 ,there was a problem sending the command to the program",letak dimana kesalahannya gan, ini di install di win 7 32 bit, trims...

    ReplyDelete