Selasa, 29 Januari 2013

Ekstrak Buah Delima Kurangi Rasa Lapar



Telah lama dipuji sebagai makanan super karena kaya antioksidan untuk pencegahan penyakit. Buah delima tampaknya kini memiliki manfaat tambahan, yaitu untuk memenuhi rasa lapar.
Para ilmuwan mengatakan konsumsi rutin ekstrak buah delima dapat mengurangi rasa lapar, dan meningkatkan sensasi rasa kenyang.
Sebanyak 29 relawan mengambil bagian dalam studi yang dilakukan Queen Margaret University, Edinburgh, Inggris. Meraka mengkonsumsi suplemen delima setiap hari selama tiga minggu, dan secara signifikan dilaporkan merasa tidak lapar selama percobaan.
Tim peneliti kini berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk mencoba menentukan mengapa ekstrak delima memiliki efek 'rasa kenyang'. Salah satu teori mengatakan, karena delima mengandung polifenol yang diperkirakan bertindak sebagai penekan nafsu makan.
Ekstrak delima yang diuji adalah PurePlus, suplemen yang sangat terkonsentrasi yang merupakan satu-satunya di Inggris yang mengandung empulur, daging dan kulit buah delima.
Temuan dari penelitian ini dijadwalkan akan dipresentasikan pada Kongres Internasional Konferensi Gizi di Granada, Spanyol, tahun ini.
Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa jus buah delima dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, dan memerangi obesitas.
Dr Emad Al-Dujaili, yang memimpin penelitian, mengatakan: "Kami dan peneliti lain telah menunjukkan bahwa delima mengandung antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas, lebih baik dari anggur merah, teh hijau, dan jus yang biasa dikonsumsi.
"Asupan jus buah delima bisa menurunkan tekanan darah dan resistensi insulin. Penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak delima dapat mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk makan, dan meningkatkan kekenyangan dan kepuasan," tambahnya seperti dikutip Mail Online.
Hasil ini menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak buah delima mungkin memiliki potensi untuk membantu mengurangi faktor risiko kelebihan berat badan dan obesitas.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar