Minggu, 27 Januari 2013

Buah dan Sayuran Membuat Anak Muda Lebih Tenang

Ada sebuah kebijaksanaan dalam gizi; satu buah apel sehari dapat membantu menjaga tubuh Anda sehat. Kini para peneliti menambahkan, hal itu juga dapat meningkatkan keadaan pikiran Anda.
Sebuah tim dari departemen psikologi di Universitas Otago di Selandia Baru meminta 281 orang muda untuk menyelesaikan buku harian makanan dalam 21 hari secara online.
Pada akhir masa percobaan didapat, mereka yang makan banyak buah dan sayuran melaporkan merasa lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih bersemangat. Mereka yang makan junk food melaporkan tidak ada perbedaan dalam suasana hatinya.
Kepala peneliti Dr Tamlin Conner mengatakan: "Pada hari-hari ketika orang makan lebih banyak buah dan sayuran, mereka melaporkan merasa lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih energik daripada biasanya."
"Setelah analisis lebih lanjut kami menunjukkan bahwa orang-orang muda perlu mengkonsumsi sekitar tujuh sampai delapan porsi total buah dan sayuran per hari untuk melihat perubahan positif yang berarti," tambahnya.
Satu porsi buah atau sayuran adalah sekitar segenggam telapak tangan Anda, atau setengah cangkir. 
Untuk memahami bukti yang pertama, merasa positif atau mengonsumsi makanan sehat, Dr Conner dan timnya melakukani analisis tambahan dan menemukan bahwa makan buah-buahan dan sayuran diperkirakan dapat meningkatkan mood positif pada hari berikutnya, ini menunjukkan bahwa makanan sehat dapat meningkatkan mood.
Dr Conner menambahkan: "Meskipun penelitian ini menunjukkan hubungan yang menjanjikan antara makanan sehat dan suasana hati yang sehat, penelitian lebih lanjut diperlukan seperti pengembangan uji coba terkontrol secara acak untuk mengevaluasi pengaruh buah dan sayuran yang tinggi pada suasana hati dan kesejahteraan." ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar