Thursday 16 June 2011

Tenis Meja Bagus untuk Penderita Alzheimer

Olah raga tenis meja atau ping-pong benar-benar dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer, hal ini diungkapkan Dr. Mehmet Oz dalam sebuah talk show TV terkenal "Dr. OZ Show", baru-baru ini.

Menurut dia, permainan ini membutuhkan koordinasi tangan-mata, pengambilan keputusan yang cepat, dan gerakan mata yang cepat, permainan ini membutuhkan otak untuk melakukan analisa yang sangat cepat. Memprediksi dimana bola akan jatuh yang menuntut mental dan perhitungan konstan.

"Ping-pong juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan fungsi motorik, selain juga olahraga yang cukup menyenangkan," ujar Dr. Mehmet Oz, MD dalam situs resminya doctoroz.com.

Menyadari ada rahasia di balik ping-pong, di AS tumbuh klub-klub ping-pong lansia sebagai upaya terapi pada penderita alzheimer dan demensia (menurunnya daya ingat), hal itu karena manfaat ping-pong pernah diuji secara klinis di Jepang oleh Dr Teruaki Mori dan Dr Tomohiko Sato lewat studi "Efektivitas Intervensi Latihan pada Otak Penderita Penyakit: Memanfaatkan Tenis Meja sebagai Program Rehabilitasi".

Studi tersebut menunjukkan "tenis meja" unik mengaktifkan sebanyak lima porsi otak yang terpisah secara bersamaan, sehingga menghasilkan peningkatan kesadaran dan peningkatan kognisi si pasien. ***

1 comment: