Jumat, 24 Juni 2011

Formula Minum Teh yang Ideal

MENYAJIKAN secangkir teh yang sempurna bukan hanya sebuah keterampilan dan seni, tapi juga harus mengacu pada sains. Sebuah tim peneliti di Universitas Northumbria, Inggris telah menemukan rumus matematika untuk minuman teh ideal, yaitu sebaiknya diminum enam menit setelah dibuat, waktu menyeduh optimal adalah dua menit, dan jumlah ideal susu yang ditambahkan 10 ml.


Suhu minum yang sempurna 60 derajat Celsius dicapai setelah enam menit, tapi setelah 17 menit 30 detik teh akan lewat potensi terbaiknya yang bersuhu di bawah 45 derajat C.

Para ilmuwan di Universitas Northumbria, telah membuatkan rumus untuk penyajian teh, yaitu:
TB + (H2O pada 100 derajat celcius) 2 mins BT + C (10ml) 6mins BT = PC (pada OT 60 derajat celcius).

Dimana TB : kantong teh, BT: waktu penyeduhan, C: susu, PC: secangkir teh yang sempurna, dan OT: suhu optimum.

Dosen senior Ian Brown, ahli pangan dan gizi dari School of Life Sciences yang memimpin penelitian, mengatakan: "Ketika menikmati secangkir teh, kami membutuhkan keseimbangan antara kepahitan dan kemanisan. Temuan kami menunjukkan 10 ml jumlah susu campuran untuk sajian teh kami, karena kemampuannya untuk menyeimbangkan kepahitan alami dan memungkinkan sensasi rasa halus."

Menurut Brown, suhu optimum untuk minum teh adalah 60 derajat Celsius, dan dengan penambahan susu, teh mencapai suhu tersebut setelah enam menit, dua menit lebih cepat daripada teh hitam.
"Menunggu enam menit untuk teh mencapai 60 derajat celcius menghindari risiko panas, namun masih memungkinkan kita untuk menikmati rasa dan aroma dengan penuh dalam secangkir teh," ujar Brown seperti dikutip "mail online", Kamis (16/6). ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar