Kamis, 20 Agustus 2009

Al Quran Digital


SELAIN ibadah wajib puasa, membaca Al Quran (tilawah) di bulan Ramadhan merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan. Rasulullah saw. tak pernah melewatkan kegiatan ini. Kita sebagai umatnya, tentu berupaya meneladani cara-cara ibadah beliau, lebih-lebih karena pada bulan suci ini Al Quran diturunkan.

Untuk memudahkan tadarus Al Quran, saat ini telah banyak dibuat Quran dalam format digital, sehingga bisa diakses di mana pun kita butuhkan, bisa dibaca langsung secara online di internet, di pasang di PC, atau di bawa-bawa di ponsel. Manfaatnya, ya itu tadi selain bisa dibaca di rumah atau di mesjid, kita masih bisa membacanya sewaktu di perjalanan, di sela-sela menunggu pekerjaan, atau di waktu luang lainnya.

Beberapa situs web yang menyediakan kemudahan ini, di antaranya:

1. http://www.alqurandigital.com
Ini merupakan situs web program Al Quran Digital, berikut terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Situs ini menyediakan Al Quran dalam format digital, siapa pun bisa mengunduhnya secara gratis untuk dipasang di komputer PC atau laptop.

Fitur yang tersedia dalam software ini di antaranya:
-Menampilkan ayat-ayat Al Quran dalam tulisan Arab dan terjemahan Indonesia
-Menampilkan catatan kaki dari Al Quran terjemahan Departemen Agama RI
-Disediakan indeks menurut topik
-Asbabun nuzul (sebab turunnya ayat) surat Al Baqarah dan juz 30
-Melakukan pencarian kata dalam terjemahan
-Membuat bookmark dari ayat yang dianggap penting
-Ayat dalam tulisan Arab dan terjemahan dapat dicopy dan dipaste ke program lain seperti Microsoft Word
-Tidak memerlukan instalasi font atau program tambahan
-Install/Uninstall package

Software ini bisa dijalankan di sistem operasi Windows 9x, NT, 2000, ME atau XP, untuk Mac OS dan Linux bisa dibaca dengan bantuan program CHM Viewer yang bisa didownload di sini (Mac) dan di sini (Linux)

2. http://www.quranexplorer.com/quran/
Sesuai dengan nama situsnya, di sini sobat diberi kemudahan untuk menjelajah Quran; mencari surat, ayat, juz, cara penulisan maupun cara pembacaan Quran. Sayangnya situs ini menyediakan bahasa terjemahan yang terbatas; Inggris, Indonesia, Prancis, Belanda, Turki, Malaysia, Spanyol dan Urdu.

3. http://www.searchtruth.com/
Di situs ini sobat bisa membaca Quran dan terjemahannya secara online, berikut tafsir, cara pembacaan, dan topik atau index. Situs non profit ini juga menyediakan berbagai software islami yang bisa diambil (didownload) secara cuma-cuma.

4. http://al-quran.info/
Situs dengan nama Online Quran Project ini, tidak berbeda dengan situs Quran online lainnya, dilengkapi dengan pencarian, navigasi untuk mencari surat, ayat, tersedia juga berbagai terjemahan dari berbagai bahasa.

5. http://www.quranflash.com/
Nah, situs yang satu ini jangan dilewatkan, Quranflash memberikan pengalaman membaca Quran dengan unik, mudah, dan interaktif, dilengkapi antarmuka yang memberikan kesan seolah-olah sobat benar-benar sedang memegang Al Quran. Quranflash.com telah mengaplikasikan teknologi flash-eBook, mirip yang dipakai pada situs-situs surat kabar atau e-paper. Situs interaktif ini juga menyediakan fasilitas untuk mendownload Quranflash untuk dipakai secara offline.




6. http://www.dudung.net/quran
Di sini sobat bisa mengakses Al Quran Online dengan cepat, ini dimungkinkan karena pemilik situs ini, Dudung Abdussomad Toha, adalah seorang web developer handal.

7. Mobil Quran
Untuk mengakses Quran di perangkat ponsel ada beberapa situs yang menyediakan fasilitas ini, di antaranya:

a. www.getjar.com
Di sini sobat bisa mendownload aplikasi Quran, Pocket Quran atau Quran Reader secara cuma-cuma asalkan ponsel sobat sudah support Java. Filenya cukup kecil sekitar 300 kb hingga 800 kb, bisa didownload ke PC atau langsung dari ponsel dengan alamat situs m.getjar.com.

b. www.guidedways.com
Quran Reader for Mobiles tersedia gratis di situs ini lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia, berjalan pada platform Java, Pocket PC, Blackberry dan Symbian OS. Sobat bisa mendownload di situs ini, atau langsung dari wap portalnya wap.guidedways.com.

c. www.eramuslim.com
Situs lokal ini merupakan situs yang mengkhususkan pada konten mobile islami, di sini sobat bisa mendownload berbagai aplikasi islami selain Quran Mobile, sayangnya di sini tidak ada yang free, semuanya mesti dibeli.

Itu baru sebagian dari situs yang menyediakan Quran Digital, sisanya bisa sobat cari sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar