Rabu, 02 September 2009

Mengedit Foto Secara Online

TIDAK semua orang bisa mengedit foto, dibutuhkan keahlian dan keterampilan menggunakan program pengolah foto seperti Adobe Photoshop, ditambah juga rasa seni. Dengan program semacam itu, foto bisa diolah, direkayasa, dibuat lucu dengan berbagai efek, sehingga foto akan tampil menarik tidak monoton. Sayangnya untuk menghasilkan tampilan foto yang demikian kita musti belajar dan membiasakan mengoperasikan program pengolah foto tersebut, tentu butuh waktu dan biaya.

Tapi, tak perlu berkecil hati, sekarang sudah banyak situs yang menyediakan layaran gratis pengeditan foto secara online, langsung jadi seketika dan tidak merepotkan. Hasilnya bisa langsung dinikmati, dicetak, atau diperlihatkan kepada teman. (Tapi jangan digunakan untuk maksud-maksud yang jelek, ya).

Di bawah ini disajikan beberapa dari sekian banyak situs penyedia edit foto online, tentu saja dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, silakan sobat tentukan mana yang cocok.

1. http://www.photofunia.com/

PhotoFunia merupakan situs editing foto online gratis, dengan tool yang sederhana, dan mudah menggunakannya. Tersedia 100 efek foto untuk menciptakan foto-foto yang lucu dan menarik. 
Bagaimana caranya? Buka dulu dong situsnya!

Di situs ini, sobat silakan pilih salah satu efek foto yang tersedia dengan cara mengklik, kemudian pilih (upload) foto sobat yang akan diedit (sebaiknya dalam format JPEG, GIF atau PNG dengan ukuran maksimal 8 MB) dengan mengklik tombol "Choose File". Dan seketika projek sobat sudah selesai, hasilnya bisa disimpan di PC, dikirim ke hosting foto, dicetak, atau dikirim sebagai kartu pos.

Cukup sederhana bukan? Begitu sederhana sekaligus inilah kekurangannya. Foto Funia tidak menyediakan fitur untuk mengatur foto agar cocok dengan template efeknya. Dan tidak ada fasilitas untuk share ke situs pertemanan semacam Facebook atau MySpace.

2. http://funphotobox.com/

Situs funny pictures online ini, tidak jauh berbeda dengan yang pertama, di sini beragam template efek dibagi dalam kategori: kartu, efek foto, animasi, dan fasilitas fake magazine yaitu foto sobat bisa tampil sebagai sampul majalah terkenal, asyik kan?

Proses pembuatannya juga sama: pilih gambar, upload foto dari PC atau URL (ukuran file maksimal 4 MB). Kelebihannya di situs ini ada fasilitas menggeser atau mengubah ukuran foto yang di-upload agar cocok dengan template yang dipilih. Setelah puas tinggal klik Go, dan hasilnya bisa disimpan, di publish, dicetak, dikirim via email, atau diposting ke Facebook.

3. http://www.loonapix.com/

Ini situs favoritku. Di LoonaPix.com, sobat bisa menjumpai berbagai template untuk membentuk foto lucu dan unik, dengan lebih terorganisasi. Cuma disanrankan untuk menggunakan browser Internet Explorer.

Ada 3 kategori yang disediakan situs free ini:

-LoonaPic Effect, untuk membuat foto lucu dan unik, untuk mulai membuat sobat tinggal mengklik Make Your Loonapic
-Face Effect, menempelkan wajah foto diri pada berbagai template.
-Photo Frames, menambahkan bingkai foto yang sesuai pada foto
-Photo Trim, berbagai template untuk mentrim foto sesuai dengan berbagai bentuk geometri, juga bisa membuat avatar pribadi.

Tahap-tahap pembuatannya cukup sederhana:

Klik "Make Your Face", lalu Add photo from: My File dari PC atau URL dari hosting foto... silakan upload dengan mengklik tombol "Browse". Kalau sudah sukses ke tahap selanjutnya, Add face to photo, pilih salah satu wajah yang diinginkan (bisa juga memilih satu kategori) tunggu beberapa saat.... Agar lebih pas dan sesuai dengan wajah yang diinginkan dengan bantuan tool sobat bisa memperbesar atau memperkecil foto, menggeser, memutar, membalik dan mencerahkan foto. Dengan mengklik Save, selesai deh pekerjaan sobat.

Seperti biasanya, hasil pekerjaan sobat bisa disimpan di hard disk, disimpan di gallery, dikirim lewat e-mail, diposting ke beberapa situs pertemanan seperti Facebook, Friendsters, blog dan sebagainya, atau dikirim sebagai kartu pos.***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar