Kamis, 06 Agustus 2009

Pasang Adzan di Ponsel

MENJELANG bulan Ramadhan, postingan ini mungkin bisa bermanfaat bagi sobat sekalian, karena pada bulan suci ini waktu adzan selalu dinanti-nantikan baik untuk panggilan solat atau menandai mulai puasa dan waktu berbuka.

Berbekal ponsel dan software gratis ini, di mana pun sobat akan selalu diingatkan secara otomatis dengan panggilan azan bila tiba waktu solat. Asyik kan, tidak perlu dengar radio, melihat TV atau menanti suara azan mesjid terdekat, pengingat solat ini selalu bersama sobat.

Azan Times, merupakan software populer sebagai pengingat solat lima waktu, telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini dikembangkan oleh situs web SearchTruth (www.searchtruth.com), situs yang menyediakan software-software Islami secara gratis bagi siapapun yang memerlukannya.

Azan Times bisa berjalan cepat pada handset bersistem operasi Symbian, Pocket PC, Windows Mobile, dan Blackberry. Kompatibel dengan ponsel berfitur Java (Nokia, Motorola, Sony Ericsson, Samsung, LG, Imate, HTC, Windows Mobile dan model hp lainnya.). Daftar ponsel yang kompatibel dengan Azan Times bisa dilihat di situs ini.

Walaupun gratis, Azan Times memiliki fitur lengkap, dengan waktu solat yang akurat di lebih dari 25.000 kota di 252 negara di dunia. Fitur-fitur itu di antaranya:

-Menyediakan arah kiblat
-Sistem penanggalan Hijriah
-Pemilihan kota yang lengkap
-Pilihan suara azan yang merdu
-Pengaturan waktu yang akurat dengan mesjid setempat
-Ada fitur minimal agar berjalan di latar belakang
-Fitur launching otomatis setiap waktu solat
-Tersedia juga fitur bantuan
-Dukungan penuh dari www.SearchTruth.com

Untuk menginstal software ini, sobat hanya perlu mengaktifkan internet ponselnya, dengan browser yang ada (Opera Mini misalnya), lalu masuk ke situs web wap.searchtruth.com, cari Azan Times lalu klik "Download and Install". Kalau sudah terpasang di aplikasi ponsel sobat, tinggal aktifkan (Start). Jangan lupa mensettingnya, untuk mengatur lokasi negara (pilih I ...Indonesia) dan lokasi kota sesuai kota tempat tinggal sobat. Juga pengaturan lainnya, seperti zona waktu, format jam, suara azan dan sebagainya.

Perlu diingat, untuk terus diingatkan dengan suara adzan, sobat harus terus mengaktifkan aplikasi ini (tersedia mode minimize). Karena aplikasi ini harus terus aktif, maka otomatis aplikasi lain tidak bisa dijalankan, untuk menjalankan aplikasi lain, program azan ini bisa di keluarkan (Exit) terlebih dahulu.***

4 komentar:

  1. fitur yang bagus
    sangat berguna bagi kalum muslimin
    dalam ketenangan menjalankan ibadah

    BalasHapus
  2. sayang hp ku gak bisa buat install aplikasi
    lagi rusak nih...............

    BalasHapus
  3. @aziz, asal support GPRS dan Java, bisa saja...

    BalasHapus