Monday 29 June 2009

Toolbar Facebook di Firefox

BAGI penggila Facebook (FB), patut dicoba add-on Firefox yang satu ini, namanya Facebook Toolbar, sebuah toolbar yang cukup lengkap untuk disandingkan dengan browser Firefox sobat.

Dengan tambahan toolbar ini, sobat bisa dengan mudah mencari teman, melihat halaman FB sendiri, saling berbagi tautan situs web, bisa mengetahui notofikasi teman-teman secara life, mengubah setting FB, juga kemampuan meng-upload foto ke FB, termasuk kreasi album, tag, dan keterangan foto.

Toolbar versi 1.4 ini kapasitasnya hanya 180 kb sehingga proses instalasinya cepat, juga kompatibel dengan Firefox versi 3.0 dan 3.5 (di bawah versi ini tidak direkomendasikan).

Bila sobat berminat untuk mencobanya, segera arahkan browser Firefox-nya ke alamat situs kumpulan add-on Mozilla di sini (klik aja jangan sungkan-sungkan).

Kalau sudah ketemu situs webnya, tinggal klik tombol "Add to Firefox" di halaman situs tersebut, bila muncul jendela konfirmasi, klik aja "Install Now", tunggu hingga proses instalasi add-on ke browser Firefox sukses, dan jangan lupa untuk me-restart browser FF untuk melihat hasilnya.

Sepeti ini hasilnya:

Untuk memfungsikan toolbar baru ini, sobat harus log in ke Facebook lewat toolbar ini untuk mengizinkan aplikasi dengan mengklik tombol Logon di paling kanan toolbar. Bila proses ini sudah selesai, tutup kembali jendela login-nya.

Sekarang coba klik menu dropdown yang ada di paling kiri toolbar ini, tunggu sebentar... setelah itu akan muncul daftar teman-teman sobat pada sidebar tambahan Firefox ini (lihat contoh punya saya).










Berikut adalah keterangan singkat mengenai fungsi ikon-ikon di toolbar FB:

1. Friends Sidebar: untuk melihat daftar teman-teman berikut status terbarunya, urutan bisa diatur sesuai nama atau status. Di sini sobat bisa berinteraksi dengan mereka dan profilnya.
2. Search Facebook: kotak pencarian ini memungkinkan sobat mencari nama teman, calon teman atau apapun di FB. Untuk melihat hasilnya tekan "enter".
3. Quick Link: untuk mengakses halaman FB sobat (profil, teman, inbox, foto dan sebagainya) atau mengubah setting FB dan toolbar FB.
4. Notifications: memberi tahu sobat berapa banyak permintaan yang masuk, yang terdiri dari colek, permintaan menjadi teman, pesan masuk dan sebagainya)
5. Share: tombol ini memungkinkan sobat membagikan halaman situs yang sobat browsing kepada teman atau posting ke profilnya.
6. Upload Photo: dengan mengklik ikon ini sobat bisa mengunggah (upload) foto ke FB.
7. Login: sobat harus log in di sini untuk menggunakan toolbar ini.

Perlu diingat item-item pada toolbar ini bisa sobat tambah atau kurangi, caranya klik kanan pada toolbar ini kemudian pilih Customize.

Dan jangan kaget bila banyak pop up bermunculan di monitor PC sobat, ini merupakan notifikasi teman-teman sobat yang memperbarui statusnya, menulis catatan baru atau berinterasi dengan sobat. Walaupun demikian notifikasi ini bisa diaktifkan atau dimatikan dengan mengatur Settings yang bisa di klik di Friends Sidebar paling bawah. Selamat mencoba!***


4 comments:

  1. salam kenal kang, wah keren buanget nih kang ada juga yah addon buat fire fox yang di gabungkan dengan toolbar facebook, aku coba akh....mantabbbb

    ReplyDelete
  2. @Mas Dhani>>> terima kasih

    @harry>>> salam kenal juga

    @Stop DSA>>> saya jg sempat terlena dengan FB

    ReplyDelete