Selasa, 23 Juni 2009

Apple Safari 4 untuk Mac dan Windows

BROWSER terbaru dari Apple telah hadir. Safari 4 yang Februari lalu masih versi Beta, kini sudah final dan siap digunakan bagi pengguna sistem operasi Mac OS X dan Windows. Browser yang sudah diperbarui ini juga akan dikapalkan bersama Snow Leopard (OS X 10.6) yang rencananya akan dirilis September mendatang.

Versi baru Safari ini memiliki fitur Javascript Nitro engine, yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan browser gratis ini. Seperti diklaim Bertrand Serlet, wakil presiden senior rekayasa software dari Apple, browser ini dapat menjalankan JavaScript, 8 kali lebih cepat dari browser Internet Explorer 8, dan 4 kali lebih cepat dibandingkan Firefox 3. Menurut Apple, Safari 4 juga dapat membuka 4 halaman, tiga kali lebih cepat dibandingkan IE dan Firefox.

Safari 4 akan berjalan sebagai aplikasi 64-bit pada update Snow Leopard mendatang. Yang akan meningkatkan kinerja engine Nitro. Di Mac OS X 10.6 ini, Safari 4 akan mengusung fitur anti-crash dengan cara menjalankan plug-in sebagai proses terpisah. Seperti diketahui, penyebab utama terjadinya crash di OS X berasal dari plug-in browser. Apple mengatakan, dalam versi baru Safari ini, jika sebuah plug-in mengalami crash, maka hanya bagian halaman yang akan rusak, sementara browsernya sendiri akan tetap terbuka.

Perbaikan lainnya di Safari 4 termasuk fitur Top Sites yang memberi pengguna tampilan visual dari halaman yang sering dikunjungi; Full History Search untuk menemukan situs-situs yang tercatat dalam histori, alamat Web, dan teks dari halaman yang baru dilihat; dan tampilan Cover Flow untuk melihat situs yang pernah dibuka dan di-bookmark. Fitur tabs-on-top Beta Safari 4, di mana tab-tab halaman web yang terletak di bagian paling atas jendela, sudah tidak ada di rilis final. Sebaliknya, tab telah kembali seperti di Safari 3, tepat di bawah panel bookmark.

Versi baru dari Safari ini juga mendukung standar web modern seperti HTML 5 dan advanced CSS Effects. Menurut Apple, Safari 4 adalah browser pertama yang lulus tes Acid 3 dari Web Standards Project, yang menilai seberapa baik browser mematuhi standar CSS, JavaScript, XML, dan SVG, yang dirancang khusus untuk aplikasi web dinamis.

Safari berjalan di Mac OS X 10.5 atau yang lebih baru dan memerlukan Security Update 2009-002. Sementara untuk Windows, Safari 4 bisa dijalankan di Windows Vista dan Windows XP. Apple menyediakan fasilitas untuk mengunduh Safari 4 di situsnya.

Download Safari 4

3 komentar:

  1. sama mozilla firefox enak mana yah gan?
    kalo sayah terus terang aga panatik sama firefox :D :D

    BalasHapus
  2. emang saya jg fanatik FF...tapi apakah FF juga lulus tes Acid 3 nggak ya?

    BalasHapus
  3. mampir ke blog sahabat meninggalkan jejak :D

    BalasHapus