Jumat, 19 Juni 2009

5 Cara Mendapatkan Uang dari Flickr

INI benar-benar memberi kesempatan bagi sobat. Dengan jutaan pengguna, ratusan juta foto, dan status pasar terkemuka yang telah mempercepat dunia fotografi, Flickr sudah seharusnya memberikan penghasilan untuk para fotografer.

Tapi kenyataannya tidak demikian, malah sobat sendiri yang harus bekerja keras dan cerdik untuk mengubah foto yang di-upload menjadi uang. Hal ini karena Flickr didirikan sebagai situs berbagi foto, bukan situs penjualan foto. Namun demikian, tidak berarti sobat tidak bisa menghasilkan uang dari Flickr, ini hanya menyangkut kecerdikan untuk memanfaatkannya.

Berikut adalah 5 cara untuk mendapatkan uang dari Flickr..

1. Memasarkan E-book
Saat ini membuat e-book sangatlah mudah. Sobat tidak harus menjadi penulis profesional, dengan tulisan yang panjang-panjang bak novel Harry Potter. Orang-orang sudah sangat senang bisa mengunduh 60 halaman e-book yang menjelaskan cara melakukan sesuatu, Apakah itu trik memfoto, memilih kamera atau memperbaiki alur kerja.

Buatlah sebuah grup (Group) di Flickr. Berikan beberapa tips praktis, biarkan orang-orang mencoba ceruk yang sobat sajikan. Dan jangan lupa untuk selalu mengingatkan, di mana mereka dapat mengunduh e-book sobat jika mereka ingin menjadi ahli seperti sobat.

2. Menjual Foto
Di Flickr, bisa saja terjadi seorang pembeli menghubungi fotografer untuk menggunakan hasil karyanya. Namun demikian foto yang dibutuhkan tidak selalu harus luar biasa bagus. Jadi, jika sobat berniat menjual foto di Flickr, sobat harus proaktif. Carilah organisasi atau perusahaan yang membutuhkan jenis foto yang sobat jual dan undang mereka untuk melihat-lihat kumpulan foto (photostream) sobat.

Contohnya, jika sobat hobi mengambil foto-foto tim sepak bola lokal, sobat bisa mengontak sebuah majalah sepak bola dan ceritakan kepada mereka bahwa sobat memiliki banyak foto mereka yang siap untuk digunakan. Berikan harga yang relatif rendah, dan dengan cara pemasaran yang cermat, sobat harus mampu menjual beberapa gambar ke pasar yang selektif.

3. Menawarkan Microstock Gratis
Salah satu kesulitan menjual foto di Flickr adalah banyaknya gambar yang tersedia secara gratis. Tetapi, bukan berarti kekurangan pembeli potensial yang menjelajahi situs ini, banyak dari mereka bersedia untuk membayar karya foto yang bermutu.

Posting beberapa foto microstock lama dalam photostream sobat, dan pasang link profil sobat di salah satu situs microstock favorit. Biarkan para pembeli browsing di Flickr untuk melihat apa yang sobat tawarkan dan di mana mereka bisa mengambilnya.

4. Buat Produk dari Mitra Flickr
Flickr merupakan situs foto yang cukup simpel. Kreativitas sesungguhnya ada pada mitranya seperti Moo (www.moo.com), Zazzle (www.zazzle.com) dan Blurb (www.blurb.com). Inilah tempatnya untuk berkreasi sekaligus menguangkannya, Foto sobat bisa dipindahkan ke media kartu, kaos, cangkir atau buku. Sobat tentu tahu, setiap hari orang akan lebih banyak membeli cangkir daripada foto digital.

5. Beri Portofolio Ekstra Jangkauan
Ada sesuatu yang sedikit aneh bila melihat foto-foto pernikahan di Flickr. Ada jenis gambar yang hanya menarik untuk pasangan dan keluarganya, juga menarik bagi pasangan lainnya yang berniat untuk menikah dan mendapatkan apa yang diharapkan. Ini bisa mengundang peminat untuk mengetahui portofolia sobat (cantumkan juga linknya).

Meletakkan gambar terbaik pada Flickr tidak bisa menggantikan portopolio online profesional. Tetapi paling tidak bisa membawa orang-orang menuju portofolio sobat, dan portofolio inilah yang dapat memenangkan pekerjaan bagi sobat. (Sumber: http://blogs.photopreneur.com/)***

4 komentar:

  1. Wawww.... kasih tips dunk foto gmn yang bisa laku n menghasilkan.... :)

    BalasHapus
  2. wahh...
    makin banyak nih sumber penghasilan di inet...
    nanti saya coba deh..

    BalasHapus
  3. Hi..i like to visit your blog, it is nice. Don't forget to visit my ZrooglePic

    BalasHapus
  4. @KOC...mungkin bisa jadi bahan postingan nih

    @yorick...silakan semoga berhasil

    @Farhana...ok terima kasih

    BalasHapus