Sabtu, 04 Juli 2009

Mengganti URL Profil Facebook dengan Username

SEJAK 13 Juni 2009, situs pertemanan yang paling populer saat ini, Facebook (FB), telah memberlakukan sistem username untuk alamat URL profil penggunanya, yang akan menggantikan alamat URL yang mengandung nomor acak "id=1800365166" seperti pada alamat profil http://www.facebook.com/profile.php?id=1800365166, dengan menggunakan username akan menjadi http://www.facebook.com/nama.anda.

Perubahan ini memang tidak secara otomatis terjadi pada semua member FB, hal itu tergantung kepada member-nya sendiri, apakah mau mengaktifkan fitur ini atau tidak. Nah, bila sobat ingin mengganti sistem numerik yang lama dengan username, langkah-langkahnya tidaklah sulit, tinggal ketikan alamat http://www.facebook.com/username (kalau belum login, silakan login dulu), maka sobat akan mendapatkan saran pilihan beberapa username, atau kalau tidak tertarik, ada kolom untuk mengetikkan username yang diinginkan.


Jangan lupa untuk mengecek ketersediaan username yang sobat inginkan dengan cara mengklik "Check availability", bila username tersebut belum ada yang menggunakan, maka akan ada konfirmasi tersedia. Tetapi bila sudah ada yang menggunakan, username dinyatakan tidak tersedia.

Dalam 60 jam sejak fitur ini diluncurkan, sudah terjadi registrasi sebanyak 100.000 username per jam. Jadi bersiaplah untuk kecewa bila nama "generik" sobat seperti Ahmad, Robert, Linda dan lain-lain tidak tersedia karena sudah ada yang memakainya. Hal ini juga sempat membuat penulis kecewa karena username favorit yaitu "kang.dede" sudah ada yang menggunakan, jadi saya pun harus menerima alternatif lain dengan memakai username "kang.de2".

Bila username favorit sobat tidak tersedia, alternatifnya bisa menggunakan nama lengkap yang lebih panjang, namun perlu diperhatikan, username hanya berlaku untuk karakter a-z, 0-9 atau titik, dengan panjang minimal 5 karakter, dan bila username sudah ditetapkan (Confirm) sobat tidak bisa mengubahnya. FB membebaskan pemilihan username ini, tak harus nama sendiri, apapun boleh asal belum ada yang memakai.

Dengan username, tentu akan lebih memudahkan bagi user atau orang lain untuk mengingat atau mencari alamat halaman profil FB-nya. Apalagi bila sobat berhasil mendapatkan username nama depan sobat. Dengan username yang pendek ini memudahkan sobat mengenalkan profil FB ke rekan-rekan.

Selain itu, alamat URL profil FB sobat akan mudah dicari di mesin pencari Google, bahkan bisa nangkring di urutan pertama daftar hasil pencarian Google. Ini bisa menjadi promosi sobat di dunia maya.

Jadi sobat bisa melihat-lihat atau meng-add profil saya di FB dengan mengetikkan http://www.facebook.com/kang.de2.***

2 komentar:

  1. nah.. kalo urlnya kaya gini kan jadi mudah di ingat..
    ini facebook sayah gan: http://facebook.com/zquids

    BalasHapus