Rabu, 04 Maret 2009

Pasang Kalkulator di Firefox

APLIKASI kalkulator memang tak asing lagi bagi para pengguna komputer desktop maupun komputer jinjing (laptop/notebook). Software kecil ini selalu hadir di sistem operasi manapun, seperti halnya aplikasi Notepad untuk menulis catatan kecil nan sederhana.

Tapi kadang kalau lagi asik-asyiknya nge-net, tiba-tiba ada yang perlu dihitung, kita malah cari kalkulator manual ke sana ke mari, lupa bila PC di hadapannya punya kalkulator. Kalaupun sadar ada aplikasi kalkulator di sana, kadang malas untuk mengaktifkannya, apalagi bila desktop PC sudah dipenuhi jendela-jendela aplikasi yang cukup melahap kapasitas memori.

Ada solusi yang nyaman bila browser sobat adalah Firefox. Di browser populer ini soal hitung menghitung angka bukan masalah. Untuk bisa menjadi mesin penghitung secara instan, Firefox sobat harus ada toolbar Google-nya. Di kolom pencarian inilah hitung menghitung sederhana bisa dilakukan . Coba saja tulis 3 + 3 maka hasilnya sudah hadir tanpa perlu di-enter. Sayangnya kalkulator instan ini hanya berlaku untuk Firefox versi 2.

Kalkulator instan seperti di atas sebenarnya bukan bawaan Firefox tapi merupakan pencarian Google yang bisa berfungsi sebagai kalkulator. Firefox sendiri memiliki banyak add-ons kalkulator untuk diinstal ke dalam browser ini, salah satu yang paling sederhana adalah Calculator-Bar, yang bisa sobat cari di situs mozilla atau klik di sini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/4341 Calculator Bar adalah kalkulator sederhana yang akan terpasang di bagian status bar browser Firefox, letaknya paling bawah. Fungsi kalkulator ini kompatibel dengan Firefox 1.5 - 3.0.

Bila sobat sudah ketemu dengan situs Firefox Add-ons dan ada tulisan Calculator-Bar 1.2.5, lihat ke bawah di sana ada tombol berwarna hijau dengan tulisan "Add to Firefox", klik tombol itu, maka akan muncul kotak dialog untuk melakukan instalasi silakan sobat pilih "Install Now" bila ingin memasang add-ons ini. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Bila sudah selesai restart Firefox sobat (bukan komputernya lho).

Untuk mengaktifkan kalkulator di Firefox, sobat bisa melakukan ketiga cara di bawah ini:
1. Klik menu Tools>Calculator
2. Alt + c
3. Klik ikon kalkulator di status bar

Tampilan kalkulator akan seperti ini:




Memasukan angka-angka bisa dilakukan lewat tombol Numeric-Pad di keyboard PC sobat. Untuk menghapus gunakan tombol B atau Del (Backspace), untuk membersihkan gunakan tombol A (All Clear).

Perlu operasi hitungan yang lebih lengkap seperti histori, konversi, dan banyak fungsi lainnya, sobat bisa memasang add-ons kalkulator yang lain, sobat bisa coba yang satu ini
Calculator 1.1.12, add-ons-nya bisa di instal di sini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1194 Proses instalasinya sama seperti memasang Calculator Bar.

Kalkulator ini mirip dengan Kalkulator Powertoy buatan Microsoft. Untuk mengaktifkan kalkulator bisa dilakukan lewat menu Tools>Calculator, di sini sobat bisa memilih tampilan kalkulator, apakah diaktifkan sebagai tab baru (Open in Tab), dipasang sebagai side bar (Open in Sidebar atau di samping kiri) atau tampil sebagai jendela baru (Open in Window).

Bagi penggemar matematika, Graphing Calculator toolbar mungkin bisa menjadi pilihan menarik bagi sobat. Untuk menginstalnya bisa diklik di sini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1786 Kalkulator grafik ini bisa memvisualkan sebuah persamaan matematika menjadi sebuah grafik dua dimensi (5 persaman bisa diinputkan ke dalam toolbar ini). Operasi dasar matematika yang berlaku di sini adalah: penjumlahan +, pengurangan -, perkalian *, dan pembagian /.

Silakan nikmati kemudahan di Firefox, I love firefox.***




5 komentar:

  1. wow,,,
    info yg sangat berguna nih,,,
    download aah...

    BalasHapus
  2. Silakan...
    thx atas komennya

    BalasHapus
  3. wihh.. lengkap juga
    bukannya di windows kan udah ada kalkulator, tapi keren juga ya...

    BalasHapus
  4. Memang di Windows ada, tapi ini kan lebih praktis, tak perlu lagi mengaktifkan aplikasi.
    trims atas komennya

    BalasHapus
  5. enak nih... terutama kalo lagi ngeliatin harga barang yang pake dolar... bisa langsung itung2...
    lebih enak lagi kalo bisa nge-link sama kurs dari situs lain...

    BalasHapus