Senin, 23 Februari 2009

Tips Tidur yang Baik

Jutaan orang di dunia sering mengalami insomnia - baik berupa tidak bisa tidur sama sekali, bangun sebelum waktunya, atau tidak bisa kembali tidur. Tips tidur berikut ini, yang diambil dari berbagai sumber, terbukti dalam beberapa kasus dapat mengatasi gangguan sulit tidur tersebut.

Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur atau berhubungan suami-istri, bukan untuk membaca atau menulis, menonton TV, makan cemilan, atau melakukan panggilan telepon.

Jika Anda telah berbaring di tempat tidur namun mulai takut tidak bisa tidur, cobalah beberapa teknik ini: "menghitung domba" atau menghitung mundur mulai dari 100 untuk menghentikan pikiran mengenai persoalan kemarin atau besok, bernafaslah dalam-dalam untuk sesaat atau visualisasikan tempat-tempat damai.

Jika setelah berbaring di tempat tidur selama 30 menit atau lebih, namun tidak juga tidur, bangunlah untuk sesaat. Apa yang harus dilakukan? Cobalah membaca sesuatu yang sangat membosankan.

Buat dan pertahankan waktu tidur secara rutin.

Sebelum waktu tidur, hindari tembakau atau minuman mengandung kafein (tidak hanya kopi, tetapi minuman lainnya seperti teh dan cola), juga minuman beralkohol. Perlu diketahui, minum di saat makan malam memiliki efek menurunkan stres dan akan membantu tidur.

Hindari ketiduran (atau jatuh tertidur di depan TV dengan acara yang membosankan).

Cobalah untuk bangun pada waktu yang sama setiap hari begitu juga tidur di akhir pekan.

Olah raga setiap hari, namun tidak menjelang waktu tidur, karena olah raga meningkatkan adrenalin.

Jika Anda menggunakan jam berpendar untuk alarm bangun, tempatkan di mana Anda tidak terus menerus melihat waktu.

Pakai kasur empuk dan jaga kamar tidur agar berventilasi baik.

Anda juga dapat mencoba: mandi air hangat, minum susu hangat, makanan ringan, pijat, atau musik tenang (yang mati secara otomatis).

Gunakan tutup telinga agar lebih senyap.

Jika mempunyai masalah nyeri sendi atau sakit kepala, minum obat penghilang nyeri sebelum tidur (pastikan tidak mengandung kafein).

Jika insomnia masih saja berlangsung, periksakan kepada dokter untuk memastikan adanya masalah kesehatan yang membuat Anda tetap terjaga (seperti depresi, gelisah, hyperthyroidisme, gagal jantung, atau penyakit pulmonary kronis).

Jika ternyata Anda baik-baik saja namun tetap saja sulit tidur, Anda bisa meminta resep dokter untuk obat tidur yang dapat berguna dalam jangka pendek.

Sumber: Yahoo! Health
Foto: sciam.com

2 komentar:

  1. masalah saya bukan sulit tidur.,.,

    tapi sulit bangun kalo subuh,.,.

    he he he hhhe.,.,.

    BalasHapus
  2. Sama saya juga, terutama kalau kerja malam. Solusinya gampang pasang alarm saja he...he...he

    BalasHapus