Selasa, 10 Maret 2009

Layar Sentuh Fleksibel Pertama di Dunia

SEBUAH kolaborasi antara akademisi, industri, dan militer berhasil mengembangkan layar sentuh fleksibel pertama di dunia. Dan pertama kalinya akan digunakan untuk keperluan militer. Sosok layar display ini lebih tipis dari layar sentuh kaca konvensional, sehingga ketika dioperasikan tidak akan membebani para tentara, serta tahan dalam berbagai kondisi pertempuran.


Peranti baru ini berbasis pada teknologi layar Vizplex electrophoretic active-matrix buatan E-Ink Corp. yang memungkinkan para penggunanya menulis, menyimpan dan menghapus konten pada layar tersebut, bahkan layar berwarna pun bisa dibuat. Materialnya dipasok DuPont Teijin Films, perusahaan pembuat plastik untuk menggantikan kaca pada layar sentuh yang ada saat ini. Bahan khusus dari DuPont ini memungkinkan layar dibuat setipis kertas, serta dapat ditekuk atau digulung tanpa merusaknya.

"Peraga-peraga milik kami sudah fleksibel, tetapi sejauh ini layar sentuh masih terbuat dari gelas, yang tidak cukup kuat untuk banyak aplikasi," ujar Sri Peruvemba, wakil presiden pemasaran E-Ink. "Kini kami memiliki mitra yang bisa membuat layar sentuh fleksibel yang cocok dengan peraga fleksibel kami."

Layar sentuh jenis mutakhir ini bisa menjadi langkah penting untuk aplikasi-aplikasi yang lebih besar, seperti koran elektronik interaktif (e-newspaper) yang bisa menghemat kertas. Koran elektronik semacam ini akan membawa banyak informasi bagi para pembacanya, seperti halnya koran konvensional, e-newspaper juga bisa dilipat atau digulung sehingga mudah dibawa-bawa dan disimpan.

Flexible Display Center, unit khusus dari Universitas Negara Bagian Arizona, memperkirakan layar fleksibel ini akan diaplikasikan pada peralatan elektronik konsumen 18 bulan ke depan. (dari berbagai sumber)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar