Thursday 12 March 2009

20 Software (Gratis) Penting untuk PC

SEBUAH PC memerlukan sejumlah software dasar, sekumpulan tool yang menjaga PC tetap bekerja dengan baik. Software-software tersebut biasanya tidak disertakan dalam paket pembelian sebuah PC, Anda mesti menambahkannya. Setiap saat Anda menjejali banyak software ke dalam PC Anda. Tetapi apakah software-software tersebut tepat dan benar untuk PC Anda?

Program-program apa saja yang mesti anda miliki? PC World merekomendasikan sebanyak 20 aplikasi yang harus dimiliki untuk melengkapi PC Anda. Terdiri dari berbagai software, mulai dari aplikasi keamanan, pembersih sistem hingga aplikasi grafis.


PENDUKUNG SISTEM
Software-software seperti ini bisa mendongkrat kecepatan PC Anda, di antaranya program pembersih registry, peningkat optimasi sistem, dan sebagainya.

Glary Utilities
Bila ingin membersihkan dan mengoptimalkan PC, memperbaiki privasi dan keamanannya, atau tugas-tugas sejenisnya, Anda memerlukan program ini. Gratis, mudah menggunakannya, dan komputer Anda akan berjalan lebih baik.

Inilah perangkat pembersih dan reparasi, termasuk pembersih registry, pembersih disk, dan mengoreksi kesalahan shortcut di Desktop atau menu Start. Di antara tool optimisasi adalah pengelola startup dan menu konteks yang sangat bagus untuk menyunting menu yang muncul saat Anda mengklik kanan file.

Anda juga memerlukan tool enkripsi, utilitas untuk membersihkan jejak Internet Anda. Bagi siapa saja yang mau mengontrol PC namun tidak ingin keluar uang sepeser pun, inilah program yang cocok untuk itu.
Glary Utilities bisa diunduh di laman www.glaryutilities.com

CCleaner
Suka atau tidak, PC anda penuh dengan sampah. Bagaimanapun upaya Anda untuk membuangnya, ia akan terus menumpuk setiap saat. Kerja ekstra Anda untuk menyingkirkannya akan percuma. Sampah-sampah itu di antaranya cache browser, folder file sementara, histori browser, file-file log Windows, uninstaller, dan file-file sementara (temporary) dari aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi CCleaner menawarkan solusi terbaik dan banyak keunggulannya, termasuk pembersih registry dan sebuah uninstaller. Dengan pertimbangkan program ini gratis, sulit untuk Anda kesampingkan.
CCleaner bisa diunduh di laman www.ccleaner.com

PC De-Crapifier
Sebagus-bagusnya CCleaner, ada sesuatu yang tidak bisa dilakukannya yaitu menjejak "craplet" dan menghilangkannya. Craplet adalah program yang tak berguna seperti program-program versi uji coba yang terpasang di banyak PC baru, atau yang menumpang ke dalam file yang diunduh dan otomatis terpasang di komputer Anda. Alhasil, hard disk tersumbat, dan sistem menjadi lebih lambat.

Untuk itulah program gratis ini mesti dipertimbangkan. Ada banyak craplet, temukan dan basmi. Daftar craplet begitu panjang, termasuk craplet yang sangat umum di PC, seperti QuickBooks Trial, Dell Search Assistant, Wild Tangent Games, sejumlah trialware Norton dan Symantec, dan Yahoo Toolbar.
Unduh PC De-Crapifier di laman www.pcdecrapifier.com

Belarc Advisor
Utilitas gratis yang hebat ini melakukan analisis dengan seksama pada setup perangkat keras dan sistem PC Anda dan kemudian membuat profil yang memperlihatkan segala yang Anda miliki. Profil adalah halaman web yang hidup di PC yang bisa Anda simpan atau cetak.

Di profil ini, Anda akan mengetahui semua yang perlu diketahui tentang PC Anda: jenis dan kecepatan prosesor, termasuk ukuran cache primer dan sekunder; ukuran dan tipe hard drive, termasuk jumlah total kapasitas dan sisanya; nama semua akun user Windows; setup RAM, termasuk nomor seri modul-modul RAM; dan pabrik pembuat motherboard serta nomor serinya. Anda bisa memakai seluruh materi ini untuk mendeteksi kesalahan (troubleshooting), untuk dukungan teknis, untuk perencanaan upgrade, atau untuk apapun yang memerlukan laporan sistem.
Download Belarc Advisor di situs www.belarc.com

Glary Registry Repair
Mengoperasikan PC dengan waktu yang lama, akan bermasalah di bagian registry-nya. Berbagai entri akan cacat, software yang tidak bersih di registry setelah proses uninstall, cacatnya lintasan dan kesatuan file, serta entri-entri yang usang. Daftar masalah registry ini bisa tak ada habisnya, dan pada akhirnya akan melambatkan PC, menyebabkan crash pada sistem, dan mengacaukan berbagai hal.

Anda tidak akan pernah dapat mengatasi sendiri masalah tersebut, oleh sebab itu cobalah program gratis ini, yang akan memindai Registry dan menyelesaikan masalah dengan cepat. Anda bisa memilih antara ganti dan abaikan. Program ini menciptakan file undo, sehingga Anda bisa kembali ke versi Registry sebelumnya jika terjadi keruwetan.
Download Glary Registry Repair di situs www.glarysoft.com

TOOLS WINDOWS UMUM
Windows sudah built-in dengan applet dan tool yang terseleksi, seperti Clipboard dan Notepad, tetapi perangkat ini sedikit sekali membantu. Karena itu Anda perlu memiliki program-program untuk memperbaiki apa yang sudah terpasang di Windows ini.

JZip
Windows hadir dengan fitur-fitur dasar kompresi file, tetapi itu tidaklah cukup. Setiap PC memerlukan program kompresi file yang baik yang bisa memadatkan, mengekstrak, dan membuat arsip dari file-file. Anda mungkin pernah mendengar program-program kompresi berbayar seperti WinZip dan WinRAR, namun pasti tidak mengenal yang namanya jZip yang gratis, program ini memberikan segala yang Anda inginkan, mulai dari mengarsipkan dan kompresi program, tetapi tidak meminta bayaran sepeser pun.

Program ini dapat menangani format arsip populer seperti Zip, RAR, 7z, TAR, dan GZip, dan memberi Anda rasio kompresi untuk menyimpan sebanyak mungkin dalam hard disk. Mudah menggunakannya, juga menawarkan fleksibilitas yang baik, seperti memasukkan subfolder sewaktu Anda mengarsip, memotong-motong arsip, dan menyandikan arsip. Anda juga mempunyai banyak tingkat kompresi untuk dipilih, bergantung sekecil apa yang ingin diarsip dan secepat apa yang diinginkan untuk mengkompresinya
Unduh jZip di situs www.jzip.com

NoteTab Light and NoteTab Pro
Adakah sebuah software yang lebih tak berguna daripada Notepad? Bahkan ia tidak bisa melakukan sesuatu yang mendasar, seperti membuka lebih dari satu dokumen pada saat yang sama. Gantilah Notepad Anda dengan NoteTab Light yang free atau NoteTab Pro yang shareware. Versi gratis ini melebihi Notepad yang Anda punya, bisa membuka beberapa dokumen, menangani file-file besar, termasuk fitur autocorrect, memungkinkan Anda menyimpan klip-klip teks untuk dipergunakan kembali, menawarkan jenis huruf yang berbeda, mengizinkan makro, dan banyak lagi.

Jika itu tidak cukup, coba versi Pro, yang memungkinkan undo berlipat ganda, menawarkan pemeriksaan ejaan dan thesaurus, juga mem-bookmark dokumen. Masih belum cukup, ia juga memiliki fitur bagi programer, seperti menyunting HTML dengan tool yang bervariasi. Download NoteTab Light di situs www.notetab.com

Clipmate Clipboard Extender
Salah satu fitur Windows yang paling mendasar adalah Clipboard, yang tak lebih dari terminal sementara untuk klip. Itulah perlunya ClipMate, memungkinkan Anda menyimpan klip yang bermacam-macam agar bisa dipergunakan kembali.

Selain menyimpan klip, program ini juga bisa mengorganisasinya ke dalam kelompok-kelompok. Anda bisa menggabungkan klip tunggal ke dalam klip yang lebih besar, menyunting klip, dan mereview klip. Juga mampu menangani klip yang bermacam-macam, termasuk grafik.
Download Clipmate Clipboard Extender (versi uji coba) di www.thornsoft.com

SnagIt
Inilah utilitas terbaik untuk menangkap tampilan layar di Windows atau tampilan aplikasi lainnya. Meskipun banyak sekali program penangkap layar ini, namun tak satu pun mendekati apa yang bisa dilakukan oleh yang satu ini. SnagIt akan merekam jendela secara langsung, seluruh desktop, bagian-bagian layar, menu, ketika menggulung halaman Web, dan video pendek. Bahkan Anda bisa merekam menu saja. Dan hasilnya bisa dalam berbagai format, serta bisa langsung dicetak di printer.

Tidak hanya memotret layar, tapi juga menambahkan efek khusus seperti mempertajam dan embossing (efek timbul), dan memasukkan batas halaman dan watermark. Download SnagIt (versi mencoba) di www.techsmith.com/screen-capture.asp

IrfanView
Bila Anda pernah menggunakan grafik untuk berbagai alasan, Anda memerlukan program ini. Kecil, cepat, gratis, dan melakukan kerjanya lebih baik daripada pesaingnya.

Tugas utama IrfanView adalah untuk menampilkan file-file grafis. Anda bisa melihat format file dengan cepat. Juga bisa menampilkan thumbnail, mempertunjukan file-file sebagai pertunjukan slide, dan memainkan file-file multimedia. Selain memberikan tampilan file, program ini juga mempunyai sejumlah tool edit grafik, termasuk efek dan kroping. Dan jika Anda perlu mengubah file dari satu format ke format lain, itu amat mudah dan benar-benar efektif.
Download IrfanView di situs www.irfanview.com

ONLINE TOOLS
Bila Anda ingin mendapatkan banyak pengalaman dalam berinternet, libatkan program-program ini.

AceFTP
FTP (file transfer protocol), salah satu protokol yang paling awal di Internet, dan masih banyak dipakai. Jika Anda ingin mengirim file-file besar, e-mail tidak bisa melakukannya, karena banyak ISP membatasi ukuran file lampiran. Dan jika Anda mempunyai situs Web, Anda biasanya harus meng-upload file via FTP.

AceFTP bisa menjadi pilihan, sebuah FTP client gratis yang sederhana penggunaannya, dan bekerja dengan cantik untuk berbagai transfer file. Membuat koneksi dan situs baru dengan mudah, begitu juga browsing direktori lokal maupun jauh. Program ini mempunyai log untuk mengikuti aktivitas file transfer Anda. Juga yang sangat berguna adalah adanya antarmuka tab, yang memungkinkan Anda mengelola sesi ganda FTP di berbagai server.
Download AceFTP di situs web http://software.visicommedia.com/en/products/aceftpfreeware/

Download Accelerator Plus
Bila Anda seorang pengunduh, program ini -- yang mengelola setiap aspek proses download -- akan membuat hidup Anda begitu nyaman. Bisa melakukan berbagai download secara bersamaan, dan bisa mengubah sesi download secara individual atau tidak. Program ini mempercepat download dengan dua cara, mendownload dari server yang paling cepat dan dengan memantapkan koneksi lipat ganda ke server.

Utilitas ini bisa melanjutkan download jika Anda kehilangan koneksi. Menawarkan banyak fitur, juga, seperti memungkinkan membatasi jumlah bandwidth untuk download. Dapat diintegrasikan dengan browser, sehingga kalau Anda memulai download, dengan mengklik link, program ini akan langsung melakukannya.
Download Accelerator Plus di www.speedbit.com

BitZip
Walaupun Anda pernah berbagi file dengan baik dan berhasil. Saat ini, sudah dilakukan via protokol BitTorrent yang sangat efisien. Tetapi protokol BitTorrent menyisakan banyak ketidakpuasan.

Cobalah BitZip, barang gratis yang memakai protokol untuk mengunduh file-file. BitZip memuaskan segala yang Anda perlukan, termasuk mengelola download, menghentikan dan melanjutkan prosesnya, serta rekomendasi dari pemakai lain seputar file-file apa yang bisa diunduh. Anda juga bisa menemukan banyak informasi masing-masing file sebelum mengunduhnya, seperti dari mana Anda mendownloadnya.
Download BitZip di www.freewarefiles.com/BitZip_program_27766.html

CoffeeCup HTML Editor
Bila Anda membuat halaman Web, Anda memerlukan editor HTML yang bagus, dan program ini memenuhi syarat. Cocok untuk pengkodean tingkat tinggi yang ingin menciptakan dan menyunting kode secara langsung, namun juga user friendly bagi pemula yang ingin WYSIWYG, berkat antarmuka grafis. Sebuah program all-in-one, merancang, mengkode, meninjau, dan menerbitkan halaman.

CoffeeCup mempunyai banyak sekali fitur bagi pemula maupun ahli, termasuk template dan kode sampel, dan widget seperti prebuilt kalender. Anda juga bisa mendapat tab ganda untuk mengerjakan beberapa proyek pada saat bersamaan, dan alat penyunting visual yang memungkinkan Anda menempatkan grafik dengan mudah ke atas halaman, secara langsung dari PC.
Download CoffeeCup HTML Editor (versi mencoba) di situs www.coffeecup.com/html-editor/

Qnext
Program-program pesan instan (instant messaging) tak hanya bagi ABG -- program ini sudah merambah di jalur mainstream juga. Namun, ada satu masalah, ia tidak berhubungan dengan program IM lainnya. Jika Anda mau bertukar pesan dengan sesama di AIM, MSN, Yahoo, dan layanan IM lainnya, Anda mesti memakai berbagai program.

Atau Anda bisa memakai software gratis ini, IM universal yang berhubungan dengan semua jaringan. Bisa melakukan banyak hal, juga, termasuk saling berbagi file, gambar, musik, audio dan telefon video.
Download Qnext di situs www.qnext.com

SOFTWARE KEAMANAN
Software keamanan mungkin yang paling penting dimiliki, Anda perlu menjaga PC dari serangan hacker, cracker, dan pembuat malware. Program-program berikut bisa membantu meyakinkan komputer Anda aman.

Avast Anti-Virus
Salah satu aplikasi paling kritis untuk PC adalah program anti-virus yang handal. Kebanyakan PC baru telah dipasang antivirus, seperti McAfee atau Symantec, tetapi sesudah habis masa mencoba Anda harus membayar.

Tidak demikian dengan Avast. Antivirus ini sepenuhnya cuma-cuma untuk digunakan sendiri. Tidak seperti program-program komersial yang besar, memakan banyak RAM atau sumberdaya sistem. Meskipun ukurannya ramping, Avast melindungi komputer seperti dilakukan program-program besar tersebut. Ia menawarkan perlindungan virus secara langsung, mencegah mesin Anda ditulari, memindai dan membunuh virus, dan berbagai perlindungan dari virus-virus e-mail, virus jaringan, serta ancaman lainnya.
Download Avast Anti-Virus di situs web www.avast.com/eng/avast_4_home.html

Ad-Aware Free
Pembasmi spyware ini mudah sekali penggunaannya, dan memungkinkan Anda memindai dengan cara customize atau terjadwal. Ketika program melaporkan apa yang ditemukan, Anda bisa membasminya, menaruhnya di karantina, atau mengabaikannya. Antar mukanya lebih mulus dan lebih mudah digunakan daripada versi sebelumnya.

Kekurangannya hanya tidak ada perlindungan yang real time. Untuk itu anda perlu antispyware lain seperti di bawah ini.
Download Ad-Aware Free di www.lavasoft.com/products/ad_aware_free.php

Windows Defender
Spyware memang berbahaya dan sukar dideteksi, Anda sebaiknya memakai lebih dari satu antispyware. Windows Defender adalah pilihan terbaik untuk keamanan lapis kedua. Ia dengan baik menemukan dan membasmi spyware, dan, tidak seperti Ad-Aware, ia menawarkan perlindungan secara real time.

Juga memiliki alat untuk memonitor seluruh software dan memproses yang tengah berlangsung di PC, serta bisa mencegah program berjalan di startup jika Anda tidak memerlukannya.
Download Windows Defender di www.microsoft.com/windows/products/winfamily/defender/default.mspx

Outpost Firewall Pro
Inilah firewall terbaik yang mungkin belum pernah Anda coba. Menurut Moutsec.com (situs penguji firewall), Outpost sebagai salah satu yang paling efektif yang bisa Anda gunakan. Tidak seperti firewall Windows XP, ia memblokir lalu-lintas inbound maupun outbond yang berbahaya. Juga mampu mencegah bocornya informasi pribadi dari PC Anda.

Outpost Firewall Pro menawarkan fitur yang tidak ditemukan di banyak pesaingnya. Seperti memblokir iklan, ActiveX, script, applet, dan konten berpotensi membahayakan dari internet. Juga memberikan perlindungan spyware secara real time. Program ini berisi profil pre-built untuk banyak aplikasi, sehingga Anda bisa mengetahui bagaimana menangani akses Internet.
Download Outpost Firewall Pro (versi coba) di situs www.agnitum.com/products/outpost/

NOD32
Pernah mendengar program antivirus yang satu ini? Jangan bingung dengan namanya, langsung saja dicoba. NOD32 memberikan perlindungan terhadap virus komputer secara real time, tidak memerlukan banyak memori dan waktu pemrosesan, seperti pada antivirus tambun semacam Symantec dan McAfee.

Program ini bisa diintegrasikan ke dalam Outlook untuk melindungi e-mail dari malware, spyware, dan adware. NOD32 mampu melakukan seluruh pemindaian dalam satu waktu, juga mengendalikan potensi infeksi, termasuk mengkarantina dan menghilangkannya. Utilitas ini bisa dicoba dengan mengunduh dari situs www.eset.com.***

16 comments:

  1. salam kenal juga dari saya mas. maaf saya gak bisa membalas komentar yang ada di blog lama saya. blog itu sudah tempat bukan share tentang pengetahuan lagi. hehehe.. blog baru saya ada di gandamanurung.com
    Mengenai masalah animasi meta tag itu, saya tidak pnya contoh, tapi saya bisa membuatkannya untuk mas.

    Salam kenal dari saya
    gandamanurung.com

    ReplyDelete
  2. sama dengan aku, aku juga pernah. tapi gak dengan masnya. hehehehe ;))

    ReplyDelete
  3. trims atas komentarnya, salam kenal kembali

    ReplyDelete
  4. waduh makacih boss atas info na.. langsung di masukin saku neh

    ReplyDelete
  5. wah ternyata melimpah yah mas
    byme salam kenal

    ReplyDelete
  6. ,banyak bgt yah ternyata....
    ,komputerku cman punya 2dri 20 di atas....

    ReplyDelete
  7. wew banyak,.. foxit reader, comodo firewall, avast 4, PCMAV, juga ok bro...

    ReplyDelete
  8. Terimakasih pada rekan-rekan yang telah ngasih komentar.

    ReplyDelete
  9. Wah lengkap nih infonya kang. Tapi kebanyakan masih sangat asing buat saya.

    ReplyDelete
  10. siiiiiiiiippppppppppppppp tkyu kang

    ReplyDelete
  11. tkyu dab... kalo mau download NOD32 yang gratisan dimana ya

    ReplyDelete
  12. @Talitakum...memang di www.eset.com hanya tersedia versi free trial, untuk yang gratis silakan googling "free NOD32"
    salah satunya adalah di sini:
    http://www.scanwith.com/download/NOD32.htm

    ReplyDelete
  13. nice info sob... :) satupun softwarenya saya blm punya.. ^^'

    ReplyDelete
  14. terima kasih kang DEDE KANA SADAYA INF0,kaanggo pisan, sakali deui nuhun kang

    ReplyDelete
  15. Johny Lengkong7 March 2010 at 22:59

    ..... wowww...mantap abis...sebaiknya ditambah lagi ttg software yg lain...supaya lebih siippp....
    Thanks....

    ReplyDelete
  16. min kalomk download microsoft officeword itu pakek windows 7 bisa ya

    ReplyDelete