Senin, 12 Januari 2009

Weblog, Berekspresi di Dunia Cyber


PUNYA situs web pribadi? Keren donk! Tapi berapa ya biaya membeli domainnya? Udah gitu gimana sih merancang situs webnya? Padahal kita awam sekali soal rancang merancang website ini.

Jangan dulu pesimis, sekarang sedang tren memiliki weblog di internet. Seperti dilansir Detikinet.com, jumlah blogger di Tanah Air diprediksi meningkat dua kali lipat tiap tahunnya. Tahun ini, tren yang sama pun diperkirakan bakal terus berlanjut. Menurut Enda Nasution Menurut, salah seorang blogger yang sudah beken di ranah blog Indonesia mengatakan, blogger lokal saat ini diperkirakan sudah mencapai 600.000. Sementara di akhir tahun bisa menembus 1 juta blogger.


Weblog atau disingkat blog merupakan salah suatu fasilitas menarik untuk membangun situs web sendiri. Selain mudah menggunakan dan mengelolanya, juga disediakan secara cuma-cuma alias gratisan. Di jagat maya ini sudah banyak situs penyedia layanan pembuatan blog ini, tinggal anda pintar-pintar memanfaatkannya.

Blog sangat cocok bagi anda yang suka berekspresi dalam bentuk tulisan. Blog mirip buku harian online yang bisa dibaca semua orang, isinya selain buah pikiran, pengalaman, juga pendapat mengenai berbagai peristiwa, seperti kejadian politik, olahraga, ekonomi atau tema-tema khusus. Bisa tentang seseorang, gagasan, foto, puisi, esai pendek, sebuah proyek, bahkan cerpen.

Cara punya blog memang gampang. Kemudahan itu disediakan oleh penyedia layanan web. Bagi anda yang bukan programmer, tetap masih bisa membuat blog karena sudah tersedia semacam template layoutnya, tinggal pilih mana yang berkenan di hati.

Saat ini, yang banyak dipakai orang untuk ber-blog-ria adalah di situs www.blogger.com, salah satu pelopor fenomena merebaknya blogging di mana-mana kedua adalah www.wordpress.com. Sementara situs lokal yang menyediakan fasilitas ini di antaranya www.boleh.com dan Blogdetik.com.

Untuk memiliki sebuah blog, anda tinggal mengunjungi situs penyedia layanan blog lalu mendaftarkan diri anda. Anda harus mengetikkan user name dan alamat e-mail, serta password. Situs tersebut kemudian akan meminta anda memasukkan informasi tambahan seperti judul blog dan pilihan URL anda. Setelah dua-tiga langkah berikutnya, anda sudah punya blog baru dan siap menulis entri pertama.

Situs blogger.com bisa kita pilih sebagai ajang mempraktikkan pembuatan blog ini. Mula-mula anda buka situsnya dengan mengetikkan www.blogger.com pada kotak address browser internet yang anda punyai (Internet Explorer atau Firefox). Tak lama kemudian akan muncul halaman pembuka situs Blogger tersebut. Di situs ini proses pendaftarannya melalui tiga tahap; pertama membuat account, kedua menamai blog anda, dan ketiga memilih template.

Untuk memulai tahap pertama, silakan gulung layar situs tersebut, kemudian klik pada tanda panah yang bertuliskan "Create Your Blog Now". Pada tampilan form Create Your Account, silakan isi user name dan password-nya, kemudian tuliskan pula Display name-nya dan isikan alamat e-mail yang anda miliki. Terakhir beri tanda centang pada Acceptance of Terms dan klik tanda panah di samping bawahnya. Pada tahap kedua anda hanya mengisikan judul blog (Blog title) dan alamat blog (Blog address [URL]) dengan format http://....blogspot.com.

Pada tahap terakhir anda disuruh memilih template yang sudah ada (Choose a Template) sebagai layout halaman yang akan anda tulisi, template ini sewaktu waktu bisa anda ganti, atau bahkan anda bisa merancang template sendiri. Setelah oke dengan mengklik tanda panah, maka anda sudah berhasil membuat blog. Selanjutnya anda yang kreatif, untuk mempublikasikan, membuat profil pribadi, dan mengatur bagaimana tampilan blog anda.

Kalau anda kurang paham bahasa Inggris, tak perlu berkecil hati, Blogger menyediakan versi Bahasa Indonesia atau bisa registrasi di situs web dalam negeri seperti, www.boleh.com, dengan memilih menu Blog (http://boleh.blog.com). Pengisian form tidak jauh berbeda dengan cara blogger.com kecuali di sini lebih terperinci, apalagi pengisian nomor telepon dan nomor handphone wajib dicantumkan. (Dede Suhaya/berbagai sumber)***


2 komentar:

  1. Senada dengan tulisan saya. Bedanya, tulisan saya belum pernah dimuat di media massa. Barangkali ada media yang mau memuat?

    BalasHapus