Kamis, 15 Januari 2009

Membuat Blog Khusus Foto di Photoblog

Ingin membuat blog tapi malas memposting tulisan,jangan khawatir. Bila sobat punya hobi fotografi atau sekadar ngumpulin foto/gambar menarik, buatlah blog khusus foto-foto, sekarang ada fasilitas untuk itu lagi pula gratis, namanya Photoblog.

Layaknya blog biasa, di Photoblog si empunya blog juga melakukan postingan, tetapi isinya melulu foto atau gambar, kalau ada teks itu sekadar judul atau keterangan foto.

Saat ini Photoblog mulai populer, layanan yang mirip dengan Photoblog mungkin bisa disebutkan yaitu Flickr dan Photobucket. Para penggunanya tidak hanya para fotografer profesional, fotografer sekelas VGA seperti saya pun bisa memanfaatkan fasilitas free ini. Pokoknya siapapun bisa menggunakannya.

Tak perlu kamera canggih, kamera hape pun bisa digunakan, hasil jepretan bagus atau jelek tidak masalah yang penting hasil jepretan sendiri dan pengunjung blog-lah yang akan menilainya.

Ingin lihat contohnya? Coba lihat Photoblog milik saya di sini (tapi jangan diketawain ini hanya iseng untuk mencoba fasilitas ini). Kalau mau lihat blog-blog foto yang bagus kunjungi saja situsnya di sini.

Nah, tunggu apa lagi silakan buat blog foto sobat.

Untuk membuat blog foto, pertama-tama sobat kunjungi situs www.photoblog.com (awas jangan www.photoblogs.org!). Untuk memudahkan para sobat yang belum mahir bahasa Inggris, pilih versi Bahasa Indonesia dengan mengklik daftar bahasa yang ada di situs photoblog.com ini, setelah itu klik "buat account baru!" maka akan tampil form Pendaftaran seperti di bawah ini:


Silakan sobat isi dan jangan lupa mencontreng daftar caleg... eh salah... mencontreng syarat dan ketentuan sebagai tanda setuju, lalu klik "Daftar".

Bila isian sudah benar dan nama blog (http://www.photoblog.com/namaanda) belum ada yang pakai, maka blog sobat sudah jadi dan bisa langsung digunakan. Lihat menu di sebelah atas kanan coba klik "Home", maka sobat akan memasuki semacam dashboard (tempat pengaturan blog), dimana sobat bisa mengelola blog foto ini, seperti memasukan entry baru (posting), mengedit, membuat kategori, mengubah akun, atau melihat tampilan blog.

Fasilitas-fasilitas itu bisa sobat pelajari sendiri (rileks aja jangan terburu-buru). Sekarang yang paling penting bagaimana cara memposting foto. Coba klik "Entry baru" pada menu di sebelah kiri, hasilnya akan seperti di bawah ini:



Sobat bisa isi semua kolom atau membiarkannya kecuali judul harus diisi, untuk meng-upload foto klik saja "foto" (atau "tambahkan") jangan lupa menyimpannya. Untuk melihat hasilnya klik saja "Lihat Blog", beres deh!

Selamat mencoba!

11 komentar:

  1. OH GItu ya kang dede...sip2, nanti dicobain..

    BalasHapus
  2. mantap nih tutorialnya

    jadi tahu

    thanks

    BalasHapus
  3. asal jangan foto bokep aja:lol:

    BalasHapus
  4. makasih banyak, semoga jadi amal

    BalasHapus
  5. kalo tanpa bantuan photoblog atau yg lain bisa gak bos??

    BalasHapus
  6. makasih bangeett,.

    Ini Bisa Jadi Postingan photo Kenangan AngkatanQ Yang Skg Sudah Tidak Sepulau,.

    BalasHapus
  7. trimakasih atas info.salam kenal dari rino

    BalasHapus
  8. WAH manTEP NiiH, coBa aAH PHotoBLOG. THanks yo InfonyE

    BalasHapus