Rabu, 21 Januari 2009

Facebook via Ponsel

DEMAM Facebook kini merambah kemana-mana, situs jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini semakin populer saja dan berhasil mengalahkan pendahulunya, seperti Friendster dan MySpace.

Facebook yang baru diluncurkan tahun 2004 ini memang bisa dikatakan fenomenal, pertumbuhannya terbilang sangat pesat 135% per tahun. Belum lama ini ComScore, sebuah lembaga riset online independen mencatat sebanyak 50,6 miliar orang yang mengunjungi Facebook, sementara pengguna yang aktif di Facebook mampu menembus angka 130 juta orang.

Meningkatnya pengguna Facebook tak terlepas dari fasilitas yang lebih banyak dan menarik dibanding situs pertemanan lainnya, di antaranya ada berbagai aplikasi, permainan, hadiah virtual dan yang terbaru adalah fasilitas chating, ditunjang juga dengan kemudahan akses melalui telepon seluler (ponsel), sehingga para membernya masih bisa menjalin pertemanan di mana pun mereka berada.

Beberapa handset kelas high end, saat ini sudah diintegrasikan dengan Facebook, di antaranya Blackberry, Palm, dan Nokia 5800 XpressMusic, perangkat-perangkat tersebut menyediakan aplikasi langsung ke Facebook dan MySpace, jadi bisa mengakses kedua situs itu secara realtime.

Bagaimana dengan ponsel biasa, bisakah mengakses Facebook?

Sejatinya, akses ke seluruh situs jejaring sosial ataupun situs web lainnya bisa dilakukan semua ponsel asalkan ponsel tersebut terhubung dengan internet. Mau tahu caranya? Lanjutkan bacanya.

Sebelum bisa mengakses Facebook, pastikan dulu apakah layanan internet ponsel sobat sudah aktif, baik lewat jaringan GPRS, 3G atau Wi-fi. Untuk sementara penulis hanya memfokuskan pada ponsel sistem GSM yang koneksi internetnya melalui GPRS (general packet radio service), yang relatif lebih banyak dipakai. Untuk setting GPRS, MMS, atau WAP sobat bisa pelajari di sini.

Bila sobat telah memastikan GPRS ponselnya aktif, pertama-tama jalankan browser di ponsel, lalu masukkan alamat Facebook versi mobile yaitu m.facebook.com pada bagian alamat web atau bila modenya mesin pencari tuliskan alamat tersebut kemudian ”Cari”, beberapa saat sobat akan dibawa menuju situs Facebook versi mobile.

Seperti halnya mengakses Facebook di PC, sobat harus menuliskan username dan password milik sobat. Bila sudah berhasil masuk ke situs ini jangan lupa simpan sebagai Bookmark, agar kelak bila sobat ingin mengunjungi situs ini lagi tinggal membuka Boormark dan langsung masuk situs.


Situs pertemanan versi mobile ini juga memiliki semua fitur yang ada pada versi aslinya, seperti registrasi (sign up), update, melihat dan mengirim pesan, membaca dan mengisi komentar dan sebagainya. Sayangnya, untuk mengunggah foto penulis belum bisa mencobanya baik secara langsung maupun melalui MMS (dengan alamat email mobile@facebook.com) masalahnya pada cara konfirmasi ponsel yang selalu gagal. Kalau sobat-sobat punya cara yang mudah bagi-bagi infonya.***

6 komentar:

  1. Punten kang, hape abdi SE T105. Geuning teu tiasa lebet wae ka m.facebook.com nya?

    BalasHapus
  2. kenapa facebook yang saya buka melalui ponsel nokia N70 tidak bisa memposting komentar...????




    thanKs y...


    kirim bls an nya ke d4rk_gh05t@ymail.com

    BalasHapus
  3. sama dg gh05t_rider diatas...saya juga ga bisa tulis komentar fesbuk di N70 saya, tolong infonya yah...

    pls reply to : litonk_0312@yahoo.com

    makasih..:)

    BalasHapus
  4. punten kang....

    upami HP nokia 3230 kumaha carana kang...???

    abdi nuhunkeun step-stepna kang....

    ieu e mail abi kang....
    de_boogie89@yahoo.com...

    hatur nuhun pisan kang..............

    BalasHapus
  5. trims untuk semua komentar yg rekan2 kirimkan.
    Untuk memudahkan, pasang saja Opera Mini di hp sobat, dan yang dibuka jangan alamat www.facebook.com tapi m.facebook.com

    BalasHapus