Jumat, 09 Januari 2009

Terjemahkan dengan Google Translate


MUDAH-MUDAHAN informasi ini belum terlambat untuk diposting, siapa tahu masih banyak yang belum sempat mengetahui bahwa sejak 27 September 2008 Google Translate (layanan terjemahan dari Google) sudah mendukung proses terjemahan Bahasa Indonesia ke berbagai bahasa dunia atau sebaliknya.

Saat ini, ada 11 bahasa dunia yang baru di masukkan ke dalam Google Translate, antara lain bahasa Catalan, Filipina, Hebrew, Indonesia, Latvia, Lithuania, Serbia, Slowakia, Slovenia, Ukrainia dan Vietnam. Total, Google Translate telah mendukung 35 bahasa internasional.

Google Translate cukup membantu bagi sobat yang ingin menterjemahkan kata, paragraf, atau satu halaman teks. Jadi sobat tidak perlu lagi susah payah untuk memahami isi sebuah situs web berbahasa asing, tinggal masukkan teks atau alamat URL kemudian pilih bahasa yang diinginkan, klik tombol Terjemahkan, beres deh.

Google mengklaim bahwa mesin terjemahan miliknya adalah yang terbaik di dunia karena menggunakan pendekatan terjemahan manusia dengan menggunakan banyak jenis vocabulary dan grammar tentunya.

Sayangnya, kualitas terjemahan yang dihasilkan masih kurang akurat, ini karena terjemahan tidak secara langsung antar dua bahasa. Google Translate masih menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa perantara atau gerbang di antara bahasa lain. Jadi misalnya jika kita ingin melakukan terjemahan dari bahasa Prancis ke bahasa Indonesia, Google akan melakukan terjemahan ke bahasa Inggris terlebih dahulu baru kemudian ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Sebagai mana mesin penerjemah lainnya semisal Toggletext, hasil terjemahan dari Google Translate pun belum sempurna betul, namun ada sedikit tips untuk mendapatkan hasil terjemahan yang bagus, yaitu usahakan untuk menulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, hindari singkatan dan bahasa gaul.

Mau coba ? Silakan kunjungi Google Translate.

Atau jika ingin menerjemahkan blog ini ke bahasa lain sobat bisa memilihnya di bagian sidebar "Translate This Blog", tinggal klik pada bendera, lihatlah hasilnya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar