Kamis, 08 Januari 2009

Google Notebook, Kliping Online


BAGI sobat yang suka browsing ke sana ke mari kerap menemukan situs-situs yang dianggap penting, namun ribet bila mencatat atau mengingat satu per satu alamat url-nya, biasanya kita akan mem-Bookmark-nya di browser sehingga di lain waktu sobat bisa mengaksesnya kembali. Namun, bagaimana bila suatu saat komputer kita ngadat? Udah deh kita harus mau cape dan menghabiskan waktu untuk mencari situs-situs itu kembali.

Layanan paling anyar dari Google akan menjawab kebutuhan tersebut, dengan bantuan Google Notebook para sobat bisa menyimpan situs-situs yang tidak ingin dilewatkan, tak perlu lagi Bookmark, karena dengan Google Notebook, sobat bisa mengaksesnya di mana pun kita berada, asal ada koneksi internet.

Google Notebook bisa disebut sebagai kliping internet. Inilah aplikasi online yang memudahkan sobat menyimpan dan mengorganisasi klip informasi, memungkinkan sobat menulis catatan, mengkopi tulisan, gambar, dan tautan dari situs-situs yang kita kumpulkan selama berselancar.

Bila sobat menggunakan browser Firefox atau IE, Google Notebook akan lebih asyik digunakan, karena Google menyediakan ekstensi khusus untuk kedua browser ini. Jika ekstensi itu telah terpasang, untuk menyimpan situs web, teks atau gambar, sobat tinggal klik kanan kemudian pilih "Note this (Google Notebook)." Bisa juga dengan mengaktifkan (Open Notebook), caranya klik toolbar yang ada di sebelah bawah browser, maka jendela kecil Notebook akan terbuka di atas jendela tampilan situs yang akan kita simpan alamatnya di Google Notebook dengan mengklip ikon bintang "Clip".

Daftar situs-situs yang telah sobat kumpulkan akan tersimpan di Notebook berikut link-nya, selanjutnya sobat bisa mengorganisasikannya, seperti mengkategorikan, memberi komentar, bahkan mengirimnya ke komputer sobat sebagai Google Bookmark.

Jadi tunggu apa lagi, segera login ke Google Notebook di sini.

Dan download extension Firefox-nya di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar