Rabu, 07 Januari 2009

Mitos Meningkatkan Ranking Alexa

Meningkatkan Ranking Alexa … Sebenarnya judul artikel ini menurut saya aneh, karena menurut saya jika angka peringkat Ranking Alexa naik maka hal itu merupakan hal yang menyedihkan hehehe tapi whatever lah dengan judulnya karena semua juga pasti ngerti jika "Cara Meningkatkan Ranking Alexa" adalah bertujuan untuk memperkecil selisih dengan angka 1. Sebenarnya saya sudah ingin menulis tentang "Ranking Alexa" ini, namun karena sebelumnya ranking alexaku masih di atas 1 juta jadinya saya ga pede menulisnya.
Walau sudah banyak blog yang mengangkat soal Ranking Alexa ini, namun saya mencoba untuk menyajikannya aga sedikit berbeda karena saya melihat ada hal-hal yang justru menurut saya harus dihindari dari poin-poin yang mungkin selama ini sudah pernah dibaca di blog lain.



Pasang Widget Alexa.

Menurut saya hal inilah yang paling penting dalam meningkatkan Ranking Alexa, dengan memasang widget Alexa di blog maka otomatis penghitungan pengunjung blog akan tercatat di database Alexa. Jangan malu untuk memasang widget meskipun angkanya menunjukkan juta-juta. Sebelum saya memasang Alexa widget di blog saya yang ini peringkatnya masih 11 jutaan. Namun satu hari setelah saya memasang widgetnya, rankingnya naik menjadi 10 jutaan, jadi kenapa mesti malu masang jika tujuannya untuk kebaikan. Silahkan download Alexa Widget DISINI. Update terakhir yang bisa saya sampaikan bahwa Tips ini pun ga berlaku bagi ranking 1 hingga 6 digit… dan mungkin memang sudah ga bisa digunakan lagi tips ini.

Pasang Alexa Toolbar.

Untuk hal yang satu ini saya sangat setuju untuk meningkatkan ranking ALEXA, namun tips ini akan sangat berguna jika kita mengakses internet dari komputer pribadi. Dengan memasang Alexa toolbar di browser dengan halaman web/blog kita sebagai homepagenya akan sangat berguna untuk meningkatkan ranking Alexa. Namun jika kita memasangnya di warnet atau di kantor yang notabene sewaktu-waktu halaman Homepagenya di rubah, tentunya tips ini ga akan berfungsi. Lalu bagaimana pemecahannya…. Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah menghubungi langsung pemilik atau penjaga warnet agar mau memasang Alexa Toolbar di browser komputer warnet mereka serta menjadikan alamat web/blog kita menjadi halaman homepage default di semua komputernya , apa dan bagaimana kompensasinya itu sih terserah :) . Sebagai informasi, bahwa Alexa toolbar untuk internet explorer dan modzilla firefox berbeda, silahkan unduh Alexa toolbar untuk Internet Explorer DISINI dan untuk Firefox silahkan unduh DISINI .

Posting tulisan mengenai Alexa.

Poin ini juga menurut saya cukup efektif untuk meningkatkan RANKING ALEXA , tetapi jika alasannya poin ini bisa menaikkan ranking Alexa karena Alexa memperhatikan artikel kita maka saya tidak setuju. Helloooo…. hari gini mana sempat pihak Alexa memperhatikan artikel tiap blog yang jumlahnya jutaan.. Namun saya melihat sisi lain dari poin ini, bahwa minat para blogger untuk mengetahui tips-tips terbaru mengenai Alexa sangatlah tinggi, sehingga jika kita mengangkat tulisan mengenai ranking Alexa yang berbeda dengan artikel di blog lain, maka tentunya pengunjung blog kita akan bertambah oleh para pengunjung yang selalu ingin tahu tentang cara meningkatkan ranking Alexa. Nah disinilah letak mengapa kita bisa menaikkan ranking Alexa dengan tips ini.

Tingkatkan Pengunjung Blog.

Poin ini juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan peringkat Alexa. Karena ranking Alexa memang berdasarkan pengunjung web/blog, semakin banyak pengunjung web/blog maka peringkat Alexa akan semakin baik. Bagaimana meningkatkan pengunjung blog, pernah saya bahas disini atau yang di bahas Jimmy disini . Namun saya juga mau menambahkan beberapa tips-tips yang belum saya bahas di halaman tersebut. Untuk meningkatkan pengunjung, daftarkanlah setiap artikel blog pada situs sosial bookmark seperti digg, tachnoratti dan lain-lain, trik ini sangat efektif untuk menarik pengunjung ke web/blog kita. Sesekali tarik pengunjung dengan menulis tentang hal-hal yang sedang hangat dibicarakan, serta jangan lupa untuk selalu meninggalkan Jejak (baca : komentar) pada setiap blog yang dikunjungi.

Redirect Blog dengan Url Redirect Alexa.

Untuk poin ini saya jelas-jelas TIDAK SETUJU sekali lagi TIDAK SETUJU. Tips yang mengatakan agar setiap kita mengisi komentar di blog yang kita kunjungi, kita menggunakan link redirect alexa dengan bentuk : saya kurang setuju. Ada beberapa kerugian yang justru kita dapatkan jika kita melakukan hal itu. Pertama , jika kita menggunakan link redirect Alexa maka hitungan Backlink kita ga akan bertambah (jika blog yang kita komentari menganut DOFOLLOW ) dan yang Kedua yang paling parah adalah jika kita menggunakan redirect Alexa maka kemungkinan error ketika Link tersebut diklik sangatlah tinggi. Bahkan beberapa hari terakhir link redirect tersebut masih error, sehingga menyusahkan bagi yang mau mengunjungi blog kita. Kasus ini saya alami juga dengan saudara Kombor yang selalu mengisikan url nya dengan link redirect Alexa, saya yang selalu memfollow setiap komentar di blog ini aga kesulitan karena ketika mengklik urlnya justru yang saya temui halaman error, untung saya baek hehehe jadi saya ketikin aja alamat blognya di address bar hehehhe.

Update : Hal terakhir yang bisa saya sampaikan bahwa dari apapun tips-tips untuk meningkatkan ranking alexa yang utama adalah dengan mendatangkan IP UNIK sebanyak-banyaknya ke blog kita. Semakin banyak IP UNIK berkunjung ke blog kita, maka dipastikan ranking alexa kita akan semakin meningkat (baca: angkanya menurun).

At least… tulisan ini ga bermaksud mengecilkan tulisan-tulisan di blog lain, hanya sekedar berbagi untuk sesuatu yang lebih baik.

Tulisan ini diambil dari blog Nias Zalukhu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar