Sabtu, 03 Januari 2009

Koneksi Murah dan Mudah via Bluetooth

"BLUETOOTH", mungkin bisa diterjemahkan sebagai "gigi biru". Namun istilah itu sama sekali tak ada kaitannya dengan masalah gigi atau iklan pasta gigi. Bluetooth, atau lengkapnya Harald Bluetooth, adalah nama seorang raja Denmark abad ke-10 yang berhasil menyatukan Norwegia dan Denmark di Eropa Utara. Kesuksesan inilah yang mengilhami penyatuan antarperangkat dalam kerajaan digital.

Bluetooth dirancang sebagai teknologi pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lain tanpa melalui kabel. Bluetooth sebenarnya adalah sebuah chip radio ukuran kecil yang ditanamkan ke dalam perangkat, entah komputer, printer, telepon seluler (ponsel), dll dengan jangkauan terbatas, maksimal sejauh 10 meter.

Dalam industri ponsel, teknologi bluetooth sudah lama diadopsi, walau masih bercokol pada ponsel kelas high-end alias ponsel-ponsel berharga mahal. Tidak sedikit pengguna ponsel jenis ini di Tanah Air, yang "gaptek" dan jarang "membangunkan" fasilitas canggih ini.

Lalu bagaimana sih menggunakan "si gigi biru" ini?
Fitur bluetooth yang ada pada ponsel bisa dimanfaatkan untuk tukar menukar data antarponsel (tentunya yang memiliki fitur bluetooth), atau transfer data dari dan ke komputer pribadi (PC), entah berupa data phonebook, gambar/foto, dan aplikasi, dengan lebih cepat.

Untuk dapat berkomunikasi lewat jalur bluetooth, kedua ponsel sebelumnya harus diaktifkan fitur bluetooth-nya. Langkah ini cukup mudah, anda tinggal mencari direktori Konektivitas di daftar menu ponsel. Setelah pilihan itu dibuka akan muncul fasilitas Bluetooth, anda tinggal menghidupkannya, beres!

Sekadar mencoba-coba, silakan cari teman yang memiliki ponsel yang memiliki konektivitas bluetooth. Suruh aktifkan fasilitas bluetooth-nya begitu juga ponsel Anda. Untuk mencoba, bisa mengirim gambar/foto, ringtone, file mp3 atau daftar kontak.

Coba buka salah satu kontak, kemudian tekan Opsi pilih Kirim kontak> via Bluetooth. Peranti ini kemudian akan mencari perangkat lainnya (pairing), kalau sudah ketemu maka akan muncul nama terminal/ponsel teman kita, pilihlah terminal itu.

Tak lama kemudian, ponsel teman kita akan menerima konfirmasi untuk menerima atau tidak masukan dari ponsel Anda. Komunikasikan pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Catatan pada ponsel Anda. Asyik kan? Tanpa keluar sepeser pun uang (sebagaimana mengirim SMS) anda bisa saling berkomunikasi tanpa pulsa.

Namun, perlu diwaspadai dengan aktivitas bluejacking, yaitu penyusup atau pengirim pesan secara sembunyi-sembunyi ke dalam ponsel tanpa anda inginkan, ini sangat berbahaya karena bisa saja virus dikirim ke ponsel anda. Untuk menghindarinya, tak ada jalan lain selain mematikan fitur bluetooth kalau memang tidak digunakan.

Selain bisa mengirim data antarponsel, dengan bluetooth juga dimungkinkan mentransfer data ke PC, bahkan berinternet ria. Yang perlu anda lakukan adalah menginstalasi software bluetooth ke PC dan memasang bluetooth USB adapter di PC anda. (Dede Suhaya/dari berbagai sumber)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar