Selasa, 30 Desember 2008

BlackBerry, E-mail Kayak SMS

ANDA mungkin tidak asing lagi dengan layanan pesan singkat di telepon seluler yang kondang dengan sebutan SMS (short message service). Menggunakannya begitu mudah, praktis dan murah lagi. Tapi ada kelemahannya, wong namanya pesan singkat, jumlah karakter pun dibatasi tidak seenak udel seperti menulis surat. Kalau mau leluasa menulis surat, manfaatkan saja fasilitas e-mail di ponsel atau internet. Tapi surat elektronik ini juga punya kelemahannya; anda harus dial-up dulu lewat internet untuk bisa mengirim dan/atau menerima sebuah e-mail. Artinya kita tidak pernah diberi tahu ada kiriman e-mail dari teman atau rekanan kita. Tidak seperti SMS yang diberi tahu lewat deringan atau getar pesawat ponsel bila ada yang mengirimnya.

Bayangkan kalau anda bisa menerima dan membalas e-mail semudah SMS. Sangat menyenangkan bahkan memudahkan pekerjaan anda. Contohnya, seorang wartawan dapat menulis hasil liputannya sambil jalan atau di tempat kejadian, lalu mengirimkannya lewat e-mail.

Kemudahan itu sudah ada di depan mata dengan hadirnya layanan BlackBerry yang dirintis Indosat bekerjasama dengan Research In Motion dari Kanada. Blackberry adalah solusi lengkap berisi layanan e-mail wireless, telepon, SMS, browsing internet, organizer dan sebagainya secara langsung, tepat, dan cepat.

Apa keistimewaan BlackBerry? Itu tadi, kita tidak perlu lagi men-download e-mail ke ponsel karena e-mail sudah dikirim langsung (push e-mail) ke perangkat BlackBerry atau handset yang mendukung aplikasi BlackBerry.

BlackBerry banyak digunakan kaum profesional, khususnya untuk mengakses e-mail dari handset ketika sedang dalam perjalanan atau di luar kantor. Jika mengantongi BlackBerry, maka e-mail yang ditunggu akan di-forward langsung ke handset tersebut dan pemiliknya bisa membalasnya dengan segera.

Bagaimana cara kerja Blackberry? Ketika sebuah e-mail dikirim ke alamat e-mail kita, e-mail tersebut akan tiba di server perusahaan (tentunya sudah terdaftar pada penyedia layanan). Untuk keamanan, software BlackBerry Enterprise Server akan mengompresi dan mengacaknya (enkripsi), kemudian mem-forward melalui internet dan jaringan wireless (GPRS) hingga sampai ke perangkat BlackBerry. Membalas e-mail dapat dilangsungkan di handset dan pengiriman balasannya melalui proses yang sama.

Meskipun harus meninggalkan kantor, dengan bantuan BlackBerry seorang profesional tetap bisa melakukan koordinasi dengan kerabat kerja karena senantiasa bisa menerima e-mail atau akses data perusahaan. Menariknya lagi, meski fitur e-mail-nya selalu on sepanjang handset-nya dihidupkan, hitungan tarifnya berdasarkan berapa besar volume yang dikirim atau diterima.

Dengan nirkabel genggam BlackBerry 7730, yang pertama diperkenalkan di Indonesia, anda bisa menerima email dari account e-mail lain. Caranya cukup praktis; buka aplikasi pesan, layar Messages akan muncul. Klik sebuah pesan. Sebuah menu akan muncul. Klik Open, pesan e-mail tersebut akan muncul untuk anda dibaca.

Untuk mengirim email; buka aplikasi pesan. Akan muncul layar Messages. Klik trackwheel. Sebuah menu muncul. Pilih salah satu opsi. Untuk mengirim sebuah pesan email, klik Compose Email. Layar daftar alamat (Select Address) muncul. Klik [Use Once]. Menu muncul. Pilih salah satu opsi: Untuk mengirim pesan email, klik Email. Muncul layar One Time Email. Ketikan alamat email yang kita tuju. Klik trackwheel. Muncul menu. Klik Continue. Pada kolom Subject ketikan judul email. Tekan tombol Enter. Ketik sebuah pesan. Klik trackwheel. Menu muncul. Pilih salah satu opsi: disimpan sebagai draft pesan tanpa dikirim, klik Save Draft. Bila ingin langsung dikirim, klik Send. Perlu diperhatikan, untuk mengirim pesan, level indikator harus menunjukkan wireless coverage, dan level GPRS harus muncul di layar utama. (Dede Suhaya/dari berbagai sumber)***

Foto: flickr.com

1 komentar: