Monday 24 November 2008

Membuat Pakan Konsentrat Sendiri

Selama musim hujan, ketersediaan berbagai jenis tanaman hijauan memang melimpah. Ternak tidak akan kekurangan pakannya. Namun selama kemarau, pakan tradisional ternak seperti rumput dan tanaman hijau lainnya menjadi sulit didapat, akibatnya ternak pun menjadi kurus kering. Sapi atau kambing perah, berhenti menghasilkan susu, domba pedaging pun terhambat perkembangannya.

DI MUSIM kemarau, para peternak ruminansia dituntuk bijak untuk menyediakan pakan ternak secukupnya, apakah itu dengan memberikan pakan konsentrat atau dalam bentuk silase.

Memang tanaman hijauan, seperti rumput dan daun jagung, tidak dapat digantikan sebagai pakan utama ternak ruminansia, namun dengan tersedianya konsentrat paling tidak kita masih bisa mempertahankan kelangsungan hewan memamah biak itu. Apalagi konsentrat bisa dibuat sendiri tanpa harus membeli dari toko pakan ternak. Dengan membuat konsentrat sendiri biaya penggemukan domba akan menjadi lebih murah.

Daripada membeli konsentrat yang harganya mahal, seorang peternal asal Cianjur mencoba meramunya sendiri. Dan hasilnya cukup memuaskan, berkat konsentrat buatannya itu, bobot domba meningkat 9-12 kg dalam waktu tiga bulan. Peternak itu mencoba memberikan resep sederhana dari bahan-bahan yang terdiri dari komposisi; dedak halus 70%, ongok 20%, jagung giling 8,1%, garam dapur 1,4% dan kalsium 0,5%.

Konsentrat itu diberikan sebagai makanan penguat domba di samping makanan pokok berupa rumput. Untuk domba berusia 5 bulan ia memberi 2 ons konsentrat per harinya. Sedangkan yang lebih tua jatahnya ditingkatkan menjadi 0,25 - 0,3 kg/hari. Pemberian konsentrat ini dilakukan sekali setiap hari pada pagi sebelum diberi rumput. Dengan cara ini bobot domba bisa mencapai rata-rata 100 gram/ekor/hari.

Namun resep di atas disadari masih kurang lengkap, untuk mendapatkan pertumbuhan berat badan yang baik, dalam komposisi konsentrat tersebut harus terkandung unsur protein. Untuk itu dikembangkan resep kedua yang komposisinya terdiri dari dedak halus 75%, jagung giling 8%, bungkil kedelai 3%, bungkil kelapa 10%, kalsium 2% dan garam dapur 2%. Resep ini, menurutnya, mampu meningkatkan bobot ternak sebesar duakali penggemukan resep pertama.

Seperti ia diuraikan, semua bahan itu harus dalam kondisi lembut agar mudah bercampur satu sama lain. Bahan itu kemudian dicampur dalam suatu wadah dan diaduk sampai merata. Bahan-bahan yang sudah bercampur merata inilah yang disebut konsentrat dan siap diberikan pada ternak. Konsentrat yang akan diberikan takarannya harus pas sehingga bisa habis dekali makan. Sebelum diberikan konsentrat tsb diberi air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga diperoleh adonan yang pekat.

Selain pakan konsentrat, beberapa peternak lain mencoba membuat silase. Pembuatan silase melibatkan proses fermentasi bakteri anaerob. Sementara bahan bakunya adalah daun jagung yang dicampur dengan kulit nenas, ongok, dan kacang-kacangan.

Kendala bahan baku
Membuat konsentrat sekilas seperti mudah dilakukan. Namun menurut pengalaman beberapa peternak, membuat pakan ternak (yang sebagian besar bahan bakunya berasal dari residu pertanian) itu ternyata tidaklah mudah. Banyak kendala yang mereka temui terutama bagi peternak pemula. Di antaranya kontinuitas dan ketersediaan bahan baku. Seperti diketahui bahan utama dari pakan ternak ini, adalah dedak/bekatul, persentasenya bisa lebih dari 50%. Kendala bagi peternak pemula dengan modal dengkul adalah mendapatkan dedak dengan kualitas baik dan harga bersaing. Sebagian besar huler (rice hull; dimana dedak merupakan limbah dari proses dekortikasi beras padi) ternyata telah terikat kontrak dengan bandar atu supplier besar, sehingga untuk mendapatkan dedak halus bersaing dengan pemodal besar.

Selain itu, ketersediaan. Jumlah dedak yang tersedia sangat tergantung pada musim panen padi. Sehingga di luar musim panen, dedak bisa menjadi barang langka, otomatis harganya naik.

Yang lebih krusial, tidak ada one-stop-shopping dalam bahan baku. Jadi mungkin saja dedak harus dibeli dari Subang, sementara ongok (ampas singkong) kering harus didatangkan dari Tasik, molase dari Cirebon dan sebagainya. (Dede Suhaya/dari berbagai sumber)***

foto: flickr.com

13 comments:

  1. konsentrat pa tidak disesuail=kan kondisi lingkungn juga

    ReplyDelete
  2. Mohon ijin untuk diposting pada Blog Domba Garut dan diinformasikan pada komunitas Insan Peternakan

    Hatur Nuhun


    Agus Ramada S

    ReplyDelete
  3. Silakan, asal dilengkapi link-nya ke blog saya. Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  4. pak bagamani cara untuk penakaran pembuatan konsentrat yang menggunakan silase fermentasi

    ReplyDelete
  5. INFO:
    Suplemen Organik Tanaman (SOT) produk PT HCS Sidoarjo, untuk meningkatkan hasil produksi pangan tanpa pupuk kimia, lebih hemat, hasil meningkat dan hama terkendali.
    Suplemen Organik Cair (SOC) untuk segala ternak akan lebih meningkat penghasilannya, menurun biayanya, dan lebih aman dikonsumsi dagingnya karena organik. Lagi pula kotorannya tidak berbau.
    Selengkapnya buka http://hcssukses.blogspot.com/p/produk.html.

    Admin http://hcssukses.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. mau nanya nih Mas.kalsium kita dapat dari bahan baku apa saja untuk membuat konsentrat?dadan hamdan d42nhamdan@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  7. terimah kash AKI AMARI atas bantuang kemareng..NO TOGEL 4D(8108)ITU BENAR2 GOL 100%.JIKA ANDA BUTU ANGKA GHOIB 2D 3D 4D DI JAMIN TEMBUS.BISA HBU AKI.0853-2175-4544 ATAU KLIK http://akiamari.org

    ReplyDelete
  8. info yang bagus terutama untuk para peternak,dan untuk hasil yang optimal adalah selalu memberikan pakan yang sudah di fermentasi .trims artikel nya gan

    ReplyDelete
  9. Betul gan yang sering menjadi kesulitan adalah dalam mencari bahan baku untuk konsentrat,dan mohon dijelaskan pula untuk pembuatan konsentrat dari ampas tahu,untuk takaran yang paling baik nya harus seperti apa ? trims infonya

    ReplyDelete
  10. Trims infonya gan ,sebagai penambahan saja untuk membuat pakan ternak yang mempunyai nutrisi cukup bisa kita manfaatkan suplemen organik cair yaitu melelui proses fermentasi,

    ReplyDelete
  11. saya deni dari medan sumatra utara siap suplay dedek halus
    premium greade A super dengan harga pasaran dan untuk pengambilan
    banyak harga bisa di nego, silakan hubungi saya untuk barang contoh \
    di wa 0819 1991 2611

    ReplyDelete