Minggu, 20 Juli 2008

Jef Raskin, Perancang Komputer Macintosh dan Antarmuka Grafis

MACINTOSH, atau disingkat Mac, adalah jajaran komputer pribadi (PC) yang dirancang, dikembangkan, diproduksi, dan dipasarkan oleh Apple Corp., perusahaan yang didirikan Steve Jobs dan Steve Wozniak. Macintosh orsinil pertama diluncurkan pada 24 Januari 1984, disebut-sebut sebagai PC pertama yang sukses secara komersial menggunakan antarmuka grafis (graphical user interface, GUI) dan mouse, yang kini menjadi antarmuka standar pada komputer.

Menyebut kata Macintosh, seolah tidak bisa dilepaskan dari sosok Steve Jobs. Namun banyak orang yang tidak tahu bahwa pencetus gagasan, dan perancang yang sebenarnya adalah Jef Raskin, seorang pakar yang berwawasan ke depan.


Jef Raskin dilahirkan di Kota New York 9 Maret 1943. Menerima gelar sarjana dalam ilmu matematika dan filsafat pada tahun 1964 dan 1965 dari State University of New York. Kemudian menyandang gelar master dalam sains komputer darii Pennsylvania State University pada 1967.


Program komputer pertama yang ia buat adalah sebuah program musik, yang sekaligus menjadi bagian dari tesis masternya. Raskin kemudian mendaftar dalam program musik di University of California, San Diego, lalu bekerja sebagai asisten profesor dari 1970 hingga 1974. Kadang-kadang ia pun menulis untuk publikasi komputer dalam sebuah jurnal.


Pertama bertemu dengan Steve Jobs dan Steve Wozniak dari Apple Computer ketika mengikuti debut komputer Apple di First West Coast Computer Faire. Pada Januari 1978 Raskin bergabung dengan Apple sebagai manager publikasi. Untuk beberapa waktu dia pun pernah ditempatkan di bagian pengepakan.


Ketika Apple III tengah dikembangkan, Raskin melobi agar Apple menciptakan komputer yang berbeda secara radikal, yang dirancang agar mudah digunakan, berbiaya murah, dan diperuntukkan bagi konsumen rata-rata.


Mesin yang Jef rancang powernya mirip dengan Apple II, termasuk monitor hitam-putih berukuran 9 inci, dan dilengkapi floppy disk drive kecil. Sejumlah aplikasi dasar ditanamkan ke dalam mesin ini, salah satunya adalah penggunaan tombol-tombol fungsi. Mesin ini juga mengandung rangkaian logika yang akan memahami kehendak pengguna dan mengubah program-program.


Steve Jobs pernah beberapa kali mencoba membatalkan projek Macintosh ini, namun ia mulai tertarik pada projek gagasan Raskin ini, dan berniat mengawinkan Xerox PARC (yang menginpirasi graphic user interface, GUI) dengan appliance-computing Raskin yang terkenal dengan konsepnya "computers-by-the-millions".


Proyek Macintosh dimulai awal 1979, dan Jef ditunjuk sebagai kepala tim pengembangan. Dia dipercaya untuk mengimplementasikan rancangan user interface-nya, yang mana di awal 1980-an sebagian besar komputer masih berbasis teks dan perintah-perintah kompleks. Raskin meyakinkan Apple bahwa untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, Macintosh membutuhkan suatu antarmuka atau interface yang elegan dan mudah digunakan.


Macintosh, yang namanya diambil dari varietas apel McIntosh favoritnya, pertama dirancang memilki spesifikasi; memori RAM 64 kibibytes (KiB), menggunakan mikroprosesor Motorola 6809E, dan mampu mendukung tampilan hitam putih 256 pixel.


Raskin juga memiliki kontribusi dalam rancangan Mac, termasuk keputusan menggunakan mouse satu tombol sebagai bagian dari antarmuka Apple (berangkat dari standar Xerox PARC mouse tiga tombol). Raskin kemudian memutuskan untuk merancang ulang mouse yang ada dengan tombol-tombol berjumlah tiga dan diberi label: "Select", "Activate," dan "Grab”.


Dua tahun sebelum Macintosh dilempar ke pasaran, Raskin hengkang dari Apple (1982), namun ia terus menerus mempengaruhi komputer tersebut lewat tulisan-tulisan, kuliah, dan konsultasinya. Segera setelah meninggalkan perusahaan Apple ia mendirikan Information Appliance, dimana ia merancang komputer Canon Cat untuk Canon USA, sayangnya produk ini tidak sukses secara komersial.


Selain dikenal sebagai “Macintosh Creator”, Jef juga dipercaya sebagai penemu sistem click-and-drag, dan sejumlah penemuan penting lainnya. Perusahaan-perusahaan besar seperti Intel, Hewlett-Packard, dan IBM, kerap berkonsultasi soal komputasi dengannya. Pada 2000 ia mempublikasikan sebuah buku, "The Humane Interface," yang secara luas digunakan di berbagai universitas.


Projek Archy
Di awal milenium ini, Raskin membuat antarmuka komputer terbaru berdasarkan riset dan upayanya selama 30 tahun, ia sebut sebagai The Humane Environment, THE. Pada 1 Januari 2005, Jef menamainya Archy. Konsep Archy menggunakan perintah-perintah sederhana untuk operasi-operasi biasa dalam pemrosesan kata (word processing) dan e-mail, namun berbeda dengan yang ada sekarang. Inilah penjelmaan dari konsep humane interface, sebagaimana ia tulis dalam bukunya.

Ketertarikan Raskin tidak sebatas pada komputer, dia juga mencintai musik, terkenal sebagai pakar aerodinamik pesawat miniatur bahkan pernah mendirikan perusahaan yang merancang dan menjual pesawat miniatur yang dikendalikan radio.


Jef meninggal dengan damai di rumahnya di Kalifornia pada 26 Februari 2005 dikelilingi istri dan anak-anak yang mencintainya. Dia didiagnosa menderita kanker pankreas yang menggerogotinya sejak Desember 2004. (Dede Suhaya/dari berbagai sumber)***


Foto: Wikimedia

1 komentar:

  1. fantasyforever31 Juli 2008 16.47

    Hmm.. Saya agak tertarik sama filsafatnya mas. Ndak nyangka ternyata linux sendiri juga ada dasar filsafat dalam pemberian nama. Nice info.

    BalasHapus