Minggu, 06 April 2008

Bagaimana Mengirim Video ke Youtube?


NAMANYA juga situs berbagi video (video-sharing), Youtube dan ratusan situs semacam ini untuk mengisi kontennya mengandalkan posting-an dari para pembuat video profesional maupun amatiran. Hasil posting-an itu kemudian bisa ditonton, dinilai, dan diberi komentar oleh siapa pun tanpa perlu bayaran, paling hanya registrasi bagi penggunanya yang ingin berkomentar atau konfirmasi untuk memutar video konsumsi dewasa.

Lalu apakah kita juga bisa mengirimkan (upload) video ke situs ini? Tentu saja bisa asalkan video itu hasil kreasi kita sendiri dan sesuai dengan yang dipersyaratkan situs penyedia layanan ini.

Sebelum menginjak pada bahasan cara upload video ke Youtube, kita perlu mengetahui dahulu format apa yang biasa digunakan untuk memutar klip-klip ini. Untuk menayangkan file-file video di internet, Youtube menggunakan format streaming video yang disebut flash video, bisa diamati dari file-filenya yang ber-extension FLV. Menggunakan jenis format ini bagi Youtube bukanlah tanpa alasan, format ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya bisa diputar hampir di semua sistem operasi, lagi pula distribusinya kini sudah sangat luas.

Flash video atau FLV merupakan format untuk streaming video di web yang menggunakan Adobe Flash Player. Format ini dibuat (encoding) dengan tool yang terdapat di aplikasi Macromedia Flash. Untuk bisa memutar film-film dengan format ini diperlukan browser yang telah dilengkapi plug-in flash video, tetapi biasanya browser-browser yang ada sekarang sudah otomatis dilengkapi plug-in berukuran kecil ini.

Namun, video yang akan dikirim ke situs Youtube tidak harus format FLV. Pasalnya, YouTube juga menerima format video WMV, AVI, MOV, MPG, dan disarankan dalam format AVI/MP4 yang di-decode dengan DiVX atau XviD, ukuran 640 x 480, dengan audio 64k Mono MP3.

Langkah pertama agar bisa mengirim klip video ke situs milik Google ini, kita perlu mencatatkan diri ke situs ini sebagai member. Proses registrasi ini cukup simpel, buka situs YouTube dengan mengetikkan www.youtube.com di baris alamat URL browser Anda. Bila situsnya sudah tampil, klik "Sign Up" di baris paling atas situs ini (atau langsung ketik http://www.youtube.com/signup). Kemudian akan tampil form isian yang harus Anda isikan data-data semacam user name, password, alamat e-mail, dan sebagainya. Bila pengisian sudah selesai serta disetujui, akan ada aktivasi melalui e-mail. Bila sudah diaktivasi dengan mengeklik link yang dikirim pada alamat e-mail Anda, itu berarti Anda sudah bisa sign in sebagai anggota YouTube, dan siap untuk mengirimkan film-film buatan Anda.

Andaikan Anda telah memiliki sebuah klip video yang tersimpan di PC dengan spesifikasi, ukuran di bawah 100 MB, durasi video di bawah 10 menit, dan formatnya WMV, AVI, MOV, atau MPG, silakan kirim ke YouTube dengan cara mengeklik tombol "Upload" di sebelah kanan menu bar yang ada "Search"-nya. Bila tombol itu sudah diklik, akan tampil isian untuk mengisi akun Anda, seperti alamat e-mail dan user name. Bila data-data sudah benar, Anda kemudian disuruh mencantumkan judul video, deskripsi video, kategori, dan tag atau kata kunci yang memudahkan orang lain mencari video Anda. Bila semuanya sudah terisi, klik tombol "Video Upload", dan video Anda sudah bisa dilihat semua orang di seluruh dunia. Namun perlu diingat, ini selalu diwanti-wanti pihak YouTube, jangan meng-upload materi yang berisi pertunjukan TV, musik video, konser musik, atau iklan tanpa seizin pemiliknya, kecuali konten yang dibuat pengirim sendiri.

Men-"download"

Mengirim file-file video untuk ditampilkan di situs YouTube cukuplah simpel dan gratis. Namun, apakah proses kebalikannya yaitu men-download (mengunduh) dimungkinkan dan diperbolehkan?

Mengunduh materi-materi dari situs YouTube pada dasarnya tidaklah diperbolehkan, seperti yang tercantum dalam terms of use-nya, kecuali sudah mendapat izin dari pemilik video. Jadi ingatkan, minta izin terlebih dahulu kepada pemilik video yang bersangkutan bila ingin mengunduhnya. Bisa melalui e-mail, mengunjungi situs pribadinya, atau melalui komentar yang disediakan.

Proses mengunduh film-film dari situs YouTube tidaklah semudah mengunduh gambar-gambar yang tersebar di jagat maya ini. Apalagi situs YouTube tidak menyediakan fasilitas mengunduh, ditunjang lagi dengan format flash video yang tidak bisa begitu saja diunduh langsung ke PC.

Ada berbagai cara untuk mengunduh file video di internet, namun dalam kesempatan ini penulis hanya menguraikan tiga cara. Pertama adalah dengan bantuan software khusus seperti YouTube Downloader atau YouTube Grabber, software-software tersebut bisa didapatkan secara gratis di situs www.download.com. Software-software ini biasanya sudah dilengkapi pengubah (converter) format FLV ke format yang kita inginkan.

Setelah file-nya didapatkan kemudian install ke PC, lalu jalankan programnya. Contohnya, program YouTube Grabber dapat dijalankan dengan cukup sederhana, hanya dengan mengopi alamat URL video yang kita inginkan (situs YouTube harus dibuka dan memutar salah satu videonya), kemudian mem-paste-nya ke kolom pada program ini, bila videonya muncul, kita bisa langsung mengunduhnya. Namun, penulis tidak menjamin prosesnya berjalan dengan mulus, cara ini kadang berhasil, dan tidak jarang gagal.

Bila Anda malas untuk mengunduh dan meng-install software, ada cara yang praktis untuk mengunduh file-file YouTube, tak perlu repot-repot menjalankan program, cukup melalui situs pihak ketiga. Tinggal arahkan browser Anda ke situs-situs yang menyediakan fasilitas ini, bisa coba di antaranya situs www.keepvid.com, www.boomvid.com, http://vixy.net, atau http://javimoya.com/blog/youtube_en.php.

Perhatikan prosedurnya dengan cermat. Tetapi pada prinsipnya hampir sama yaitu mengopi URL video YouTube (misalnya, http://www.youtube.com/watch?v=WZYsNlqFTbs), di-paste di kolom pada halaman situs tersebut lalu klik "Download", sebelumnya tentukan di mana hasilnya disimpan dan format yang diinginkan. Untuk cara kedua ini juga penulis tidak menjamin keberhasilan mengunduh dengan sukses, apalagi melalui jaringan internet yang lelet semacam dial-up.

Cara ketiga adalah dengan bantuan browser Mozilla Firefox. Bila Anda belum punya, silakan mengunduh secara cuma-cuma dari situsnya (www.mozilla.com). Sebelumnya pada browser ini harus ditambahkan add-ons Video DownloadHelper (yang juga tersedia di situs Mozilla). Pilih tombol "Add-ons" pada menu situs Mozilla, kemudian cari DownloadHelper dengan bantuan "Search" yang disediakan. Bila sudah ketemu, silakan klik tombol di bawahnya yang bertuliskan "Add to Firefox", tunggu hingga proses instalasi add-ons ke Firefox berlangsung, setelah selesai Firefox perlu di-restart. Bila instalasi add-ons sudah berhasil akan ditandai icon tiga bola di sebelah kanan address bar Firefox.

Kini kita siap berburu klip di YouTube atau situs video online lainnya. Dengan Firefox kita akses situs tersebut, perhatikan icon DownloadHelper di dekat address bar (berbentuk tiga bola), kalau bergerak-gerak berarti direct link untuk mengunduh sudah didapatkan, cukup klik di sebelah kanan (tanda panah) lalu pilih file FLV yang ingin mengunduh , maka prosesnya akan berlangsung. Bila selesai akan didapat file dengan extension FLV yang bisa diubah ke format lain, atau kalau tidak ingin repot cari saja pemutarnya (FLV Player) dengan bantuan Google dan install di PC Anda. (Dede Suhaya)***

Tulisan ini pernah dimuat di HU Pikiran Rakyat


7 komentar:

  1. mas koq sulit amat registrasinya di youtube

    BalasHapus
  2. masa sih. Tahap2nya kan:
    1. klik Sign Up
    2. isi username (cek dulu apa masih tersedia username yg diketikan)
    3. Lokasi
    4. tanggal lahir
    5. pilih gender
    6. klik "I accept"
    7. tulis alamat e-mail anda
    8. pasword min 8 karakter
    9. ketikan lagi pasword
    10. tulis kode verifikasi
    11. klik "create new accoun..."

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you ya untuk petunjuknya saya akan coba deh

      Hapus
  3. makasih, Bang !
    tipsnya akan marina coba..

    BalasHapus
  4. argh~~~~~~ ribet~~~~ aq gak tau T.T

    BalasHapus
  5. assalamu'alaikum,Alhamdulillahirobbil'alamiin!!! makasih kang atas infonya yah?semoga kebaikannya dibalas oleh Allah azza wajalla.amin

    BalasHapus
  6. wah mau coba ah mudah2 bisa terkenal juga kaya artis wkwkwkwkw haahahahahaha

    BalasHapus