Kamis, 07 Februari 2008

Bagaimana Cara Komputer Menghemat Energi?


SEBENARNYA ada berbagai cara yang dapat dilakukan oleh seorang pengguna komputer untuk bisa berperan dalam penghematan energi. Sebuah situs yang mengkhususkan diri dalam bidang ini, Green Energy Czar, memberikan tips dan triknya yang bermanfaat bagi para pemakai PC yang peduli lingkungan.

Seperti diuraikan dalam website-nya, ada beberapa poin penting yang perlu dilakukan dalam menurunkan penggunaan energi dari sebuah komputer.

-Nyalakan fitur-fitur manajemen daya. Pada hakikatnya, seluruh komputer saat ini memiliki kemampuan mengubah ke mode daya rendah (low power mode) secara otomatis ketika tidak digunakan (idle).

-Matikan monitor dan komputer bila tidak digunakan

-Turunkan kecerahan pada monitor

-Yakinkan komputer yang akan dibeli memiliki standar efisiensi (sebuah komputer efisien menggunakan hingga 50% energi yang digunakan komputer konvensional). Untuk mengetahui PC yang lebih efisien saat ini, pastikan produknya mencantumkan label "EnergyStar 4.0 compliant."

Tampilan warna

Tampilan monitor dengan warna putih dan warna-warna cerah (khususnya latar belakang) memakan daya listrik hingga 20% lebih dibandingkan dengan warna hitam atau warna-warna gelap lainnya. Lihat daftar penggunaan daya monitor dengan latar belakang layar yang berbeda. Sayangnya, program pengolah kata dan e-mail cenderung menggunakan latar belakang putih sehingga PC akan menggunakan daya yang sesuai dengan program tersebut. Karena hitam-putih terlihat lebih familiar (mirip dengan koran), mencari program alternatif tidak akan membantu. Namun demikian, anda bisa mengubah latar desktop dengan sesuatu yang efisien. Anda bisa mengubah latar belakang ini (Windows XP) dengan mengeklik tab start, settings, control panel, display, dan appearance. Di bawah color, pilih salah satu warna yang memiliki angka di bawah 65 W dan klik OK.

Tabel Penggunaan Daya Monitor untuk Berbagai Warna

Warna - Daya (watt)
Putih - 74 W
Fuchsia (pink) - 69 W
Kuning - 69 W
Aqua - 68 W
Silver - 67 W
Biru - 65 W
Merah - 65 W
Lime - 63 W
Abu-abu - 62 W
Olive - 61 W
Ungu - 61 W
Teal (biru-hijau) - 61 W
Hijau - 60 W
Marun - 60 W
Biru Navi - 60 W
Hitam - 59 W
Sumber: Green Energy Czar

"Screen saver"

Screen saver awalnya tidak dimaksudkan untuk menurunkan energi, namun kini bisa digunakan untuk hal tersebut. Penggunaan screen saver hitam dapat menurunkan daya monitor hingga 20%. Pemulihan layar akan terjadi dalam satu detik dengan menekan salah satu keyboard atau menggerakkan tetikus (mouse). Hampir seluruh screen saver standar Microsoft cukup efisien. Bila anda menambahkan dari luar, pastikan menggunakan warna utama gelap.

Untuk mengatur screen saver, pilih tab start, settings, control panel, display, dan screen saver. Berdasarkan nama, pilih screen saver yang warna hitamnya banyak dan atur waktu tunggu 5 menit (atau kurang). Screen saver yang memiliki efisiensi energi adalah 3D Flower Box, 3D Flying Objects, 3D Text, Curves and Colors, Flying through Space, Flying Windows, Mystify Your Mind, dan Scrolling Marquee. Sementara itu, screen saver Channel Screen Saver, Travel, Science, The 60`s USA, 3D Maze, dan Windows 98 tidak tergolong efisien.

"Energy Star"

Energy Star sangatlah penting dan dimaksudkan untuk merealisasikan penghematan daya secara signifikan. Setting stand by (Windows 95) dapat menurunkan daya lebih dari 90% dari nilai maksimumnya. Pemulihan layar terjadi dalam 1-4 detik dengan memijit salah satu keyboard atau menekan tetikus. Setting suspend dapat menurunkan daya hampir sepenuhnya walaupun pemulihan layar bisa memakan waktu hingga 10 detik.

Sayangnya, Energy Star tidak didukung oleh seluruh komputer atau sistem operasi. Perbedaan komputer, sistem operasi, dan monitor akan menghasilkan pilihan-pilihan yang berbeda juga.

Tentu saja, penghematan energi yang sepenuhnya adalah dengan memadamkan monitor, yang akan menghasilkan penghematan lebih sempurna dan mudah. Walaupun screen saver dan Energy Star menghasilkan penurunan secara otomatis, ia memerlukan waktu untuk mencapai level yang paling rendah. Energy Star menghemat 65% daya monitor selama setengah jam. Bila anda tidak menyalakan monitor akan menghemat 100%. Oleh karena itu, jika anda beranjak dari meja untuk waktu yang cukup lama, padamkan monitornya. Bila anda kembali nyalakan lagi.

Namun, penghematan jangan hanya untuk monitor. Padamkan lampu penerangan di malam hari, matikan printer, mesin fax, pembuat kopi, atau mesin fotokopi. Setiap menit mesin itu padam akan menghemat energi.

Namun perlu diketahui, beberapa komponen, seperti printer, memerlukan banyak energi untuk dinyalakan, untuk itu matikan printer hanya bila tidak digunakan untuk jangka waktu lebih dari 1 jam. (Dede Suhaya/Green Energy Czar)***

Foto dari Flickr.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar