Senin, 18 Februari 2008

Aquasaurus, Memelihara Makhluk Prasejarah

JURASSIC Park merupakan cerita fiksi rekaan Hollywood, yang mengisahkan tentang taman safari yang dihuni hewan-hewan prasejarah atau dinosaurus. Dalam ukuran mini, sebuah Jurassic Park bawah air bisa anda “ciptakan” sendiri dalam sebuah akuarium dengan menghadirkan makhluk purba yang disebut Aquasaurus.

Satu paket untuk “menghidupkan” kembali makhluk primitif itu, kini mulai menjadi mainan baru yang banyak ditawarkan di internet. Setiap paket yang dijual sudah termasuk telur-telur aquasaurus dalam substrat pasir, pakan khusus, disertai petunjuk pemeliharaannya.

Makhluk apa sebenarnya aquasaurus itu?

Aquasaurus memiliki banyak nama seperti udang kecebong, udang berperisai, udang purba, atau sea monster, sementara nama ilmiahnya Triops longicaudatus. Menurut ensiklopedia Wikipedia, aquasaurus adalah sejenis crustacea yang mirip kepiting tapal kuda. Aquasaurus berkerabat dengan udang, kepiting dan lobster dan merupakan sepupu trilobita, makhluk yang telah punah yang hidup lebih dari 500 juta tahun yang lalu.

Triops dicirikan dengan karapak tipis yang melindungi kepala, kaki dan segmen-segmen tubuhnya. Uniknya, bentuk hewan ini tidak pernah berubah sejak kehadiran Triops cancriformis di zaman triasik sekitar 220 juta tahun yang lalu. Triops cancriformis bisa disebut sebagai “spesies hidup tertua di bumi.”

Ordo Notostraca ini tergolong omnivora, makanan utamanya adalah plankton namun juga memangsa cacing, larva dan bahkan bisa bersifat kanibal terhadap sesamanya.

Triops bisa bertahan di kolam-kolam sementara di seluruh dunia, dan bersesuaian dengan hidupnya yang pendek. Walaupun Triops dewasa mati selama kemarau, namun embrio dalam telur yang ditinggalkannya melakukan “diapause” atau berhenti berkembang, sampai hujan turun kembali dan menggenangi kolam, yang memungkinkan telur-telur itu menetas. Telur aquasaurus memiliki cangkang tebal yang tahan terhadap panas, beku dan kekeringan.

Di dalam laboratorium, T. longicaudatus memiliki usia maksimal sekitar 50 hari sementara T. cancriformis 90 hari. Cocok sebagai peliharaan instan yang pendek usianya, namun dengan mudah bisa digantikan kembali.

“Fosil hidup” ini bisa ditemukan di setiap benua kecuali Antartika. Di Austria, dua spesies notostraca tercatat: Lepidurus apus dan Triops cancriformis. Di Amerika, beberapa spesies telah diidentifikasi termasuk Triops longicaudatus dan Triops newberryi. Dan di Australia, ditemukan spesies Triops australiensis.

Triops kerap dijual dalam paket-paket kecil telur sebagai proyek sains menarik atau sebagai kit pemula untuk akuarium. Satu siraman air suling atau air dari mata air pada telur-telur ini, akan membuat mereka menetas dengan cepat.

Aquasaurus bisa menjadi komponen yang berguna pada akuarium air tawar, mereka bisa membersihkan akuarium karena crustacea ini memakan apa saja yang mereka temukan. Namun ia sedikit berbahaya karena memangsa ikan-ikan kecil atau crustacea lainnya, dan sebaliknya mereka bisa dimangsa ikan yang lebih besar. Bila tidak diberi pakan dengan baik, si perenang aktif ini bisa merusak akar-akar tanaman dalam akuarium. Dalam beberapa kawasan, spesies tertentu dari Triops merupakan hama, bisa merusak tanaman padi muda.

Cara termudah untuk ‘membangkitkan’ Triops dari ‘tidur panjangnya’ adalah dengan menyiramkan air pada substrat yang mengandung telur atau kucurkan air sebanyak mungkin tanpa menenggelamkan telur-telur tsb. Biarkan substrat atau wadah kering pada suhu kamar dan tinggalkan sekurangnya selama dua minggu.

Telur-telur dan substrat kering dapat disimpan untuk jangka waktu bertahun-tahun namun hanya dibutuhkan dua minggu untuk penetasan. Dengan menambahkan air suling atau aquades pada telur-telur ini maka dimulailah daur hidup ‘monster laut’ ini. (Dede Suhaya/dari berbagai sumber)***

Peliharaan Instan yang Mengasyikan

LIHAT mereka tumbuh dan berkembang! Saksikan mereka menggali, menyelam dan berenang terbalik! Bahkan mampu berenang mundur ketika mencari makan. Saksikan salah satu makhluk yang selamat dari kepunahan zaman dinosaurus.

Itulah sepenggal promosi situs www.sea-monster.netfirms.com yang menawarkan paket pemeliharaan instan Triops longicaudatus. Setiap paket Sea Monster ini sudah berisi segala sesuatu yang dibutuhkan untuk memelihara hewan air unik ini. Memang cukup menarik dan mengasyikan melihat akrobat sang sepupu trilobita ini, selain juga mudah dan simpel memeliharanya.

Ada juga yang menjual dalam bentuk kit, lengkap dengan habitat akuatiknya. Contohnya situs www.nature-gifts.com/live-aquasaurs-kit.html yang menjual Aquasaurus berukuran 10"x6"x10" dengan fanorama bawah laut yang cukup dramatis; ada nyala gunung berapi bawah laut disertai latar belakang zaman keemasan trilobita. Kit seharga $24,95 (sekitar Rp 250.000) ini juga sudah termasuk telur-telur Triops, pakan, dan petunjuk informatif.

Habitat akuatik ini berupa akuarium bergaya unik terbuat dari plastik fleksibel. Habitat prasejarah ini juga dilengkapi termometer yang menjaga suhu air tetap antara 22 – 31 derajat Celsius, selain juga diperlukan lampu 60 watts untuk menghangatkannya.

Anda tinggal mencari permukaan yang rata dengan suhu moderat, lekatkan termometer pada akuarium, tebarkan kerikil di dasarnya, tuangkan air dan letakkan telur-telur itu di dalamnya.

Dalam satu atau dua hari, bayi-bayi mungil aquasaurus akan menetas dan mengelilingi akuarium. Dengan bentuk kepala yang rata, tiga mata, tengkorak di bagian luar tubuhnya, sirip-sirip lateral tajam, dan ekor yang bercabang, menjadi pusat perhatian yang menarik bagi yang menatapnya. Bak kembali ke zaman prasejarah. (DS/berbagai sumber)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar