Kamis, 31 Januari 2008

Tiga Besar Pelahap Energi

1. CPU

Di dalam casing komputer, komponen yang paling banyak memakan energi listrik adalah unit pemroses pusat atau CPU. Beberapa pabrikan CPU kini berlomba membangun chips-chips yang hemat energi, termasuk Intel, mereka telah berusaha keras membuat prosesor ini lebih efisien, namun Core 2 Duo yang saat ini banyak digunakan masih menggunakan sekitar 65 watt daya, terbilang boros untuk sebuah green PC. Malahan model terbaru, Core 2 Duo Extreme, tidak lebih hemat dari pendahulunya, daya yang dibutuhkan 75 watt. Sementara VIA Technologies yang dikenal sebagai pembuat prosesor dengan watt rendah, tidak banyak diminati karena kinerja CPU-nya kurang.

2. Kartu grafis

Isu PC hijau bisa menjadi berita buruk untuk para gamer dan pencinta PC performa tinggi karena pemasangan kartu grafis dari ATI atau nVidia akan mengonsumsi daya sebesar 300 watt atau lebih, yang pada akhirnya menuntut catu daya 750 watt. Walaupun kini hadir kartu-kartu grafis terbaru dengan konsumsi daya hanya sekitar 250 watt seperti halnya nVidia GeForce 8800 GTX, tetap saja masih berlebihan bagi sebuah PC hijau.

3. Monitor CRT

Tersangka yang sesungguhnya merusak lingkungan dan menyebabkan limbah berbahaya adalah tabung sinar katoda atau CRT yang bisa melahap energi listrik lebih dari 100 watt. Pada umumnya monitor CRT mengandung lebih banyak logam timbal. Anda bisa secara cepat go green hanya dengan mengganti monitor PC dari CRT ke LCD yang hanya menggunakan setengah dayanya, lagi pula bebas timbal.

Namun jangan sembarangan membuang limbah monitor CRT ke tempat sampah. Untuk informasi mengenai limbah CRT kunjungi situs Green Advisory Service atau Organization for Strategic Studies, dalam situsnya mereka menyebutkan, di dalam monitor CRT ada lima jenis zat beracun. Timbal, merkuri, dan barium adalah zat yang sangat beracun dalam CRT. Racun lainnya adalah kadmium dan fosfor. Jika tidak dikelola dengan semestinya, ada risiko kesehatan bila kontak dengan ke lima zat tersebut. (Dede Suhaya/PC Mag)***

Foto diambil dari flickr.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar