Monday 25 December 2023

Cara Upload Nilai ke RDM (Rapor Digital Madrasah)

 

tampilan website Rapor Digital Madrasah Kemenag

Cara Upload Nilai Siswa ke Rapor Digital Madrasah (RDM) - Ada dua cara untuk menginput nilai-nilai siswa ke aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM), yaitu langsung dimasukkan secara manual satu per satu, atau mengisikan sekaligus dengan cara meng-upload daftar nilainya.

Cara pertama tentunya sangat ribet dan memakan waktu yang tidak sebentar, sementara cara kedua sangat simpel dan tidak memakan waktu lama, kita tinggal meng-upload sekaligus seluruh nilai siswa.
Dalam tutorial kali ini penulis akan menjelaskan cara yang kedua, bagaimana caranya simak sampai selesai.


Login ke RDM dengan menuliskan IP address di browser

Pertama yang harus dilakukan adalah men-download template-nya, jadi kita harus login dulu ke RDM-nya, untuk masuk ke RDM seorang guru atau wali kelas harus menuliskan IP address di kolom peramban (browser), mengisikan username berupa NUPTK, PegID atau bisa juga dengan NIK, dan juga password.

IP address, Username dan password biasanya sudah diberi tahu oleh operator sekolah masing-masing.


Menuju halaman dashboard dan memilih rombel

Setelah login berhasil kita dibawa ke halaman Dashboard yang berisi data diri guru/wali kelas. Klik bagian mata pelajaran yang akan diisi nilainya, kolom ini berada di bagian kiri. Misalnya kita sebagai guru informatika, kita klik INFO-Informatika, maka akan muncul rombongan kelas (rombel) misalnya VII A, VII B, VII C.

Klik salah satu rombel (misalnya VII A) maka kita akan dibawa ke halaman Beranda yang berisi Rincian Kelas, di baris atas ada menu Beranda, Bobot, dan Penilaian.


Menuju Beranda dan meng-klik menu Penilaian

Untuk mengambil atau mengunduh template nilai klik menu Penilaian. Maka akan diarahkan ke halaman Penilaian Kurikulum Merdeka yang berisi data siswa dan nilai yang masih kosong. Di sebelah kanan atas ada menu Sumatif, PAS/PAT, Kirim.

Jadi ada dua template nilai yang akan kita download yaitu template nilai Sumatif (harian) dan template nilai PAS/PAT.


Klik menu Sumatif, pilih Export, tentukan lokasi penyimpanan

Pertama klik Sumatif maka akan muncul halaman Nilai Sumatif Lingkup Materi, di mana terdapat menu Kembali, Tambah, Upload, dan Export. Nah tombol Export inilah yang harus diklik untuk mengunduh template, setelah diklik otomatis meminta lokasi penyimpanan di laptop atau PC, jangan lupa semua rombel diambil templatenya.


Mengisi nilai Sumatif (SUM) dan hasil Penilaian Akhir Semester (PAS)

Template yang kita dapatkan bisa dibuka dan diisi dengan nilai Sumatif 1 (SUM1), nilai Sumatif 1 (SUM2) dan seterusnya, jangan lupa tulis Materi di setiap penilaian sumatif.

Untuk template nilai PAS kita hanya mengisi 1 sheet nilai hasil Penilaian Akhir Semester (PAS1).

Bila kedua template ini sudah diisi lengkap dengan nilai-nilai siswa kelas VII A, lanjutkan dengan template kelas VII B, VII C, dan seterusnya.

Template-template ini sudah siap untuk di-upload, simpan di lokasi yang mudah dicari, di flashdisk atau di desktop laptop.


Login ulang dan tentukan bobot nilainya

Lakukan login ulang ke RDM (kecuali belum logout). Klik mapel > kelas. Sebelum mengupload tentukan dulu bobot nilainya: misalnya 70% sumatif dan 30% PAS, klik tombol Simpan.


Meng-upload nilai siswa di menu Penilaian

Klik menu Penilaian > Sumatif > Upload > akan muncul jendela Upload Nilai, klik pada area dengan logo panah di dalam awan (Letakkan File atau Klik Disini untuk upload) lalu cari template nilai sumatif yang sudah diisi lalu klik Open, tunggu sampai muncul notifikasi progress, sukses dan tanda centang di bawah status. Bila notifikasi sudah muncul klik tombol Close, otomatis semua nilai sumatif terisi semua.

Giliran nilai PAS: klik menu PAS/PAT > klik Upload, tahapannya akan sama seperti pada upload nilai sumatif.

Begitulah kira-kira cara meng-upload nilai siswa ke RDM. Semoga bermanfaat.***


No comments:

Post a Comment