Tuesday 17 August 2021

Mengatasi Kursor Tool Pen Photoshop yang Berubah Menjadi Silang

SAYA mencoba menulis permasalahan kursor tool pen Photoshop yang tiba-tiba berubah ini, karena sering saya alami sendiri tanpa tahu penyebabnya, padahal solusinya sangat simpel.

Saya kerap men-cropping atau menghilangkan background foto menggunakan pen tool, tetapi ketika mengaplikasikan font pada foto tersebut, ikon cursor telah berubah menjadi tanda silang seperti di bawah ini.

Semula saya mengira ini karena ukuran fotonya yang kecil, tapi ketika kursor diperbesar tidak kunjung berubah.

Bukan hanya tool pen, tool lainnya seperti Brush Tool, Eraser Tool, Clone Tool dan yang lainnya juga ikut berubah.

Setelah browsing ke sana ke mari akhirnya saya mendapat pencerahan, seperti diuraikan dalam blog mahirphotoshop.com.

Agar kursor pen Photoshop menjadi seperti semula ternyata penyebabnya adalah tombol Caps Lock disengaja atau tanpa sengaja tertekan (dalam hal ini mungkin saya telah menerapkan font yang semuanya kapital dan lupa mengembalikannya).

Jadi solusinya hanya menekan ulang tombol Caps Lock di keyboard (Caps Lock yang aktif biasanya ditandai dengan indikator lampu yang menyala pada tombol tersebut), maka kursornya akan kembali seperti semula.

Foto: Unsplash
Demikianlah semoga bermanfaat.***



No comments:

Post a Comment