Saturday 22 June 2019

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android “Menggambar” dengan App Inventor

Anak-anak suka sekali menggambar corat-coret di dinding dengan pensil atau alat tulis lainnya, jangan dimarahi karena tembok kotor. Ibu/bapak sebaiknya menyalurkan hobi corat-coret anaknya lewat buku gambar, atau layar ponsel dengan membuat aplikasinya yang sangat mudah dikerjakan, tidak perlu repot-repot mendownload dari Google Play.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat aplikasi Menggambar corat-coret ini?
Cukup sediakan:
1. Ponsel smartphone
2. Aplikasi App Inventor (boleh yang offline atau online)
3. gambar icon ukuran 512 x 512 piksel (kalau tidak pakai icon juga tidak apa-apa)

Setelah App Inventor dijalankan, silakan membuat projek baru start new project beri nama misalnya “Menggambar”.
Ubah Title: Menggambar (untuk memberi judul pada layar ponsel)



Untuk menambahkankan ikon/logo aplikasi, di Properties klik kolom di bawah Icon > Upload File > Pilih File cari gambar ikon yang sudah dibuat Open > OK


Baca:  Cara Menambahkan App Icon pada Aplikasi Android dengan App Inventor
Di kolom Palette, klik Drawing and Animation, kemudian tarik dan lepas komponen Canvas ke layar. Atur Height dan Width Canvas1 menjadi Fill parent
















Canvas adalah panel segiempat dua dimensi yang sensitif sentuhan, tempat menggambar atau menggerakkan gambar.
Di kolom Palette, klik Sensor, kemudian tarik dan lepas komponen AccelerometerSensor ke layar. AccelerometerSensor ini bisa mendeteksi goncangan (shaking) ponsel dan mengukur akselerasi tiga dimensi.
Sekarang kira beralih ke editor blok dengan mengklik tombol Blocks.

Klik Canvas1 > klik dan lepas blok paling atas when Canvas1 .Dragged dari daftar ke editor.



Klik Canvas1 > gulung daftar blok ke atas, klik dan lepas blok  call Canvas1 .DrawLine pasangkan ke dalam blok when Canvas1 .Dragged.



Apungkan kursor di atas prevX, ambil blok get prevX yang muncul, lalu pasangkan ke x1 di call Canvas1 .DrawLine. Lakukan dengan cara yang sama untuk prevY > get prevY > y1; currentX > get currentX > x2; dan currentY > get currentY > y2.


Blok-blok di atas adalah blok perintah menulis/menggambar di atas canvas. Lalu bagaimana cara menghapusnya? Di sini kita akan menghapus atau menghilangkan tulisan atau gambar dengan cara menggoyangkan ponselnya (shake).
Klik AccelerometerSensor1, gulung dan temukan blok when AccelerometerSensor1 .Shaking tempatkan di editor blok.



Klik Canvas1 > gulung daftar, klik dan lepas blok  call Canvas1 .Clear pasangkan ke dalam blok when AccelerometerSensor1 .Shaking.



Untuk menghentikan dan keluar dari aplikasi Menggambar ini, kita bisa sentuh tombol Back pada ponsel.
Klik Screen1, pilih blok when Screen1 .BackPressed tempatkan di editor.
Klik  Control, pilih blok close application, pasangkan dengan blok when Screen1 .BackPressed.
Blok selengkapnya dari aplikasi ini adalah:



Tinggal kita membuat file apk-nya. Klik Build > App ( save .apk to my computer ). Kirim lewat bluetooth ke ponsel dan install.
Selesai kita membuat aplikasi corat-coret. Selamat mencoba!







No comments:

Post a Comment