Wednesday 24 April 2019

Cara Menambahkan App Icon pada Aplikasi Android dengan App Inventor

Setelah kita mampu membuat app icon dengan Adobe Photoshop (lihat: Begini Cara Membuat Icon untuk App Android dengan Photoshop), kita akan menerapkannya dalam sebuah aplikasi, untuk itu kita akan membuat aplikasi sederhana misalnya: aplikasi ucapan “Marhaban Ya Ramadhan”, jadi saat icon app disentuh akan membuka layar semacam kartu ucapan selamat.

Seperti biasa aktifkan dulu App Inventor-nya, dan langsung buat nama proyek baru misalnya “marhaban”.
Hilangkan tanda centang pada ShowStatusBar dan TitleVisible.
Di bagian Icon klik Upload File dan pilih file icon.png yang telah kita buat sebelumnya.



Seret-lepas layout HorizontalArrangement pada Viewer, AlignHorizontal: Center, AlignVertical: Top, Height: Automatic, Width: Fill parent.
Seret-lepas Label ke dalam HorizontalArrangement1 ini, ubah Text-nya menjadi “Marhaban Ya Ramadan”; centang FontBold; FontSize: 25; TextColor: Green.
Seret-dan-lepas layout VerticalArrangement di bawah HorizontalArrangement1, AlignHorizontal: Center, AlignVertical: Top, Height: Fill parent, Width: Fill parent.
Seret-dan-lepas Image ke dalam VerticalArrangement1 ini, ubah  Height: Automatic, Width: Fill parent. di bawah Picture klik Upload File pilih gambar yang telah dipersiapkan sebagai ilustrasi ucapan selamat ini.
Di bawah ilustrasi (layout VerticalArrangement1) ini buat lagi layout untuk kata-kata tambahan “Selamat Menunaikan Ibadah Shaum”
Seret-lepas layout HorizontalArrangement, AlignHorizontal: Center, AlignVertical: Top, Height: Automatic, Width: Fill parent.
Seret-lepas Label ke dalam HorizontalArrangement2 ini, ubah Text-nya menjadi “Selamat Menunaikan \n Ibadah Shaum” (“\n” digunakan untuk memindahkan kata “Ibadah Shaum” sehingga berada di bawah “Selamat Menunaikan”); FontSize: 20; TextColor: White.
Agar semua tampilan rapi dan berada di tengah-tengah, tambah Label sebagai spasi di atas dan di bawahnya dengan Height: 5 percent.

Untuk menerapkan warna latar:
Klik lagi Screen1 ubah BackgroundColor > Custom isikan #128f67 (hijau) klik Done.



Sementara BackgroundColor untuk HorizontalArrangement1, VerticalArrangement1, dan HorizontalArrangement2 dibuat None.

Terakhir ujicoba dengan emulator Connect > Emulator, atau kalau ingin terlihat icon app-nya silakan di buat apk-nya, dengan cara Build > App (save .apk to my computer). File apk-nya kemudian kirim via bluetooth ke smartphone sobat lalu di-install. Bila icon-nya di sentuh, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:






1 comment:


  1. dicoba keberuntungannya bersama dengan kami di ionqq*com
    hanya dengan minimal deposit 20.000
    ayooo buruan bergabung kami tunggu ya ^^

    ReplyDelete