Wednesday 24 April 2019

Begini Cara Membuat Icon untuk App Android dengan Photoshop

App icon adalah simbol grafis berukuran kecil yang merepresentasikan sebuah program aplikasi. Ikon bukan hanya sebagai identitas sebuah aplikasi bahkan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi calon penggunanya. Di bawah ini adalah beberapa contoh icon app:



Pada tutorial ini saya akan membuat icon yang berukuran 512 x 512 piksel dengan format PNG, ikon web ini biasa digunakan jika sobat meng-upload aplikasi android ke Google Play, jadi ikuti step-stepnya karena suatu saat bisa sangat berguna.


Step 1
Buka Photoshop di PC/laptop sobat, buat dokumen baru dengan ukuran 512 x 512 piksel, resolusi: 72 piksel/inchi, color mode: RGB, background: transparan




Klik OK

Step 2
Buat garis bantu di setiap sisi bidang dan setengah bidang. Pada Tools, pilih rounded rectangle tool, pada toolbar pilih Shape, Fill: tentukan warna bidang (mis: hijau tua), tentukan juga Radius-nya: 50 px.  Dari tengah-tengah bidang klik kursor-tahan-tarik mouse sambil tekan Shift  tarik sampai menyentuh garis bantu di setiap sisi bidang.



Step 3
Di pallet Layer; klik rounded rectangle 1, kemudian klik add a layer style (fx), pilih Gradient Overlay, Style: Radial, klik Gradient, di Gradient Editor klik Color Stop kiri ubah warnanya di Color Picker menjadi  #94d378 klik OK. Klik  Color Stop kanan isikan #ff0000. Geser Opacity Stop pada Location: 28, OK, OK.



Step 4
Pada tahap ini sobat bisa menggambar yang sesuai dengan app yang akan dibuat, atau meng-copy-paste gambar yang sudah ada. Di sini saya udah merancang gambar bulan sabit yang disatukan dengan silhuet masjid. Saya copy-paste di atas background ini.



Step 5
Tahap terakhir pembuatan app icon dengan Photoshop ini adalah meng-ekspor-nya File > Export > Save for Web (Legacy)… format gambar PNG-24, lalu centang Transparency, lalu klik Save beri nama file klik Save. File ini nanti diupload sebagai icon saat membuat app android.

1 comment:


  1. dicoba keberuntungannya bersama dengan kami di ionqq*com
    hanya dengan minimal deposit 20.000
    ayooo buruan bergabung kami tunggu ya ^^

    ReplyDelete