Tuesday 19 September 2017

Terapi “Senam” Mata untuk Mata Minus

Terapi Senam Mata untuk Mata Minus - Kumpulan Tulisan. Pada postingan kali ini saya ingin berbagi tips tentang terapi penglihatan yang saya kutip dari buku “Rasulullah Is My Doctor” karangan Jerry D. Gray.  Menurut penulis buku ini, terapi “senam” mata seperti ini bila dilakukan dengan benar, terbukti mampu menyembuhkan penderita rabun jauh atau mata minus.

Postingan di bawah ini hanya garis besarnya hasil rangkuman saya. Untuk lebih lengkapnya, sobat bisa cari dan baca sendiri bukunya. Namun bila ada permintaan dari para sobat dan dengan izin dari penulis buku tersebut, saya dengan senang hati menyalin bab tersebut dalam sebuah postingan.
Tanpa perlu basa-basi lagi silakan simak tips di bawah ini. Semoga bermanfaat.


   .     
  1. Dengan menggerakkan bola mata, lihat ke atas, tahan 3 detik. Kemudian lihat ke bawah tahan 3 detik. Ulangi masing-masing 7 kali.
  2. Lihat ke kanan, tahan 3 detik. Lihat ke kiri, tahan 3 detik. Ulangi masing-masing 7 kali.
  3. Lihat ke kanan, tahan 3 detik. Lihat ke depan, tahan 3 detik. Lihat ke kiri, tahan 3 detik. Lihat ke depan, tahan 3 detik. Ulangi masing-masing 3 kali.
  4. Putar bola mata membentuk lingkaran dari kanan ke kiri sebanyak 7 putaran. Kemudian dari kiri ke kanan sebanyak 7 putaran.
  5. Ulangi point 4, tetapi dengan wajah menghadap ke atas atau ke langit-langit.
  6. Seperti point 4, tetapi dengan mata tertutup.
  7. Sama dengan point 5, tetapi dengan mata tertutup.
  8. Lihat ke sudut kanan atas, tahan 3 detik. Lihat ke sudut kanan bawah, tahan 3 detik. Lihat ke sudut kiri atas, tahan 3 detik. Lihat ke sudut kiri bawah, tahan 3 detik. Ulangi semuanya sampai 3 kali.
  9. Buat garis horizontal dengan mata, dari kiri ke kanan, kemudian sebaliknya. Ulangi masing-masing 7 kali.
  10. Buat garis vertikal dengan mata, dari atas ke bawah, dan sebaliknya. Ulangi masing-masing 7 kali.
  11. Lihat ujung hidung selama 3 detik. Kemudian lihat lurus ke depan selama 3 detik, sambil mengamati samping kiri-kanan. Lihat ke arah tulang hidung, kemudian pandang lurus ke depan selama 3 detik, sambil mengamati samping kiri-kanan. Lihat di antara kedua alis selama 3 detik, kemudian lihat lurus ke depan seperti sebelumnya.
  12. Rilekskan mata dengan menutup mata selama beberapa menit.
Catatan:
  • Latihan ini dilakukan setiap hari, 4 hari, dengan istirahat selama 2 hari.
  • Diusahakan sehari-hari jangan pakai kacamata, kecuali keadaan darurat atau saat mengendarai kendaraan.
  • Jangan memaksakan mata untuk fokus melihat yang tidak jelas.
  • Usahakan mata jangan lelah.
  • Cukup makan makanan bergizi, perbanyak konsumsi madu, perbanyak konsumsi vitamin (vitamin A, vitamin C, khususnya), banyak berlatih melihat jarak jauh pada pagi hari sekitar pukul 08.00 – 11.00, perbanyak makan ikan laut, jangan melihat monitor atau layar TV berlama-lama, istirahat mata yang cukup, penerangan di ruang kamar yang cukup, dan yang terakhir BERDOA.***



1 comment: