Kamis, 21 Juli 2016

Cara Membuat Template Koran Pikiran Rakyat dengan QuarkXPress


KALI ini saya akan membahas mengenai cara membuat template area cetak untuk surat kabar harian Pikiran Rakyat Bandung, dilengkapi dengan garis-garis pembantu (margin guides). Langsung saja:

1. Buka QuarkXPress
2. Buat dokumen baru File>New>Project atau tekan Ctrl + N (Mac: Cmd + N)

Pada jendela New Project yang muncul masukan data-data:
Layout Type: Print
Layout Name: 20-21 Film-Musik

Page Size
Width: 347.5 mm
Height: 580 mm
Orientation: Portrait
Centang pada Facing Pages dan Allow Odd Pages on Left

Margin Guides
Top: 15 mm, Bottom: 15 mm, Inside: 12 mm, Outside: 11.75 mm

Column Guides
Columns: 7
Gutter Width: 5 mm

Klik OK

Maka akan tampil satu halaman area cetak yang sudah dilengkapi dengan beberapa garis bantu pembatas halaman (Margin Guide) dan garis bantu kolom. Guides ini bisa disembunyikan atau ditampilkan dengan cara menekan tombol F7.

3. Silakan buka Window>Page Layout
Pada jendela Page Layout ini coba buat beberapa halaman lagi dengan cara drag n drop dari A-Master A ke bawah saling bersebelahan di antara garis pembatas, misalnya halaman 1-2, 3-4, 5-6 dst.

4. Buka halaman 1-2 dengan cara double klik pada ikon halaman 1 atau 2.
Di pasangan halaman ini kita akan memberi nomor halaman dan nama rubrik secara manual. Untuk nomor halaman genap harus dipasang di sebelah kiri-atas, sementara nomor halaman ganjil harus di tulis di sebelah kanan-atas halaman kedua. Nama rubrik bisa diletakkan di sebelah nomor halaman, sementara nama koran dan tanggal edisi bisa dipasang di sisi berlawanannya.

5. Selanjutnya kita siap untuk membuat rancangan (template) dengan mengatur penempatan untuk lahan judul, lahan untuk body text, lahan untuk foto/gambar, lahan untuk caption, dsb. Lahan judul, body text, caption biasanya menggunakan  tool text content (T), sementara untuk lahan foto, gambar, tabel, atau iklan menggunakan tool Picture Content yang diberi warna black dengan opacity 10-15%.




















Lihat tayangan videonya:


Demikian tutorial singkat ini semoga bermanfaat.***

2 komentar: