Jumat, 27 November 2015

Cara Menggunakan Clipping Path di Photoshop

Sebuah clipping path adalah lintasan (path) atau bentuk (shape) vektor tertutup, yang digunakan untuk memotong gambar dua dimensi dalam perangkat lunak editing gambar. 

Apapun di dalam path akan dimasukkan setelah clipping path diterapkan; sementara di luar path akan dihilangkan dari output. 

Menerapkan hasil clipping path akan menghasilkan tepi kasar (aliased) atau halus (anti-aliased), tergantung pada kemampuan editor gambar tersebut.

Penggunakan clipping path pada Photoshop biasanya bermanfaat untuk menghilangkan latar belakang atau mengganti latar belakang sebuah foto.

Dalam aplikasi desktop publishing (InDesign atau QuarkXpress) clipping path sangat berguna untuk memasang foto di dalam teks tanpa menutupinya.

Di dalam Photoshop banyak cara untuk menghilangkan latar belakang:

  1. Quick Selection Tool : untuk membuat seleksi dengan cepat..  
  2. Magic Wand Tool : untuk membuat seleksi pada daerah yang memiliki kesamaan warna namun dapat diatur toleransinya pada options bar.
  3. Eraser Tool : Untuk menghapus area gambar.
  4. Background Eraser Tool : Untuk menghapus background dari suatu gambar.
  5. Magic Eraser Tool : Untuk menghapus area pada gambar yang memiliki gambar padat.
  6. Lasso Tool : untuk membuat area seleksi secara bebas sesuai dengan gerakan mouse.
  7. Polygonal Lasso Tool : digunakan untuk membuat area seleksi berbentuk persegi/garis lurus.
  8. Magnetic Lasso Tool : digunakan untuk membuat area seleksi namun akan secara otomatis dilelengketkan pada batas objek berdasarkan perbedaan warnanya.
  9. Pen Tool : Untuk membuat objek path dengan bentuk yang terstruktur.

Pertama kita open gambar atau foto yang ingin kita hilangkan latar belakangnya. Pada pallet Layer buat duplikat Layer. Salah satu layer yang paling bawah buat tidak kelihatan dengan mengklik tanda matanya.

Aktifkan Layer di atasnya, lalu kita mulai membuat lintasan path misalnya dengan menggunakan  pen tool pada sebuah objek yang ingin dihilangkan latar belakangnya. 

Dengan pen tool kita bisa mengikuti kontur sisi objek dengan lebih akurat karena pen tool bisa membentuk lengkung kurva.

Setelah selesai membuat path dengan lintasan tertutup, klik kanan pilih Make Selection, maka lintasan pen akan menjadi lintasan seleksi.














Klik pallet Path yang ada di samping pallet Layer dan Channels. Klik pada tanda segitiga kecil di samping atas yang berisi menu… pilih "Make Work Path" kemudian isikan Tolerance sebesar 1,0 misalnya, klik OK.

















Dalam keadaan Path 1 aktif, klik lagi menu Path, pilih "Save Path…" berinama atau biarkan dengan nama "Path 1", klik OK.

Masih di menu Path, pilih "Clipping Path…", isikan besarnya Flatness misalnya 1 atau 0,2, 
klik OK. Selesailah membuat path.

Terakhir "Save As" dengan format TIFF, EPS, atau JPEG. Pada jendela Save As, berinama file, hilangkan contrengan pada Layer, dan contreng pada Embed Color Profile… tekan "Save"



















Saat Muncul jendela "Tiff Option" pilih seperti gambar di bawah ini:





















Di bagien Byte Order klik komputer yang digunakan apakah PC biasa atau Apple Macintosh.

Untuk melihat efeknya buka halaman InDesign atau QuarkXpress, lalu Place atau Import foto hasil clipping tadi, tempatkan di dalam teks, terapkan Wrap Text atau Modify>Roundaround>Type>Embedded Path di QuarkXpress.

Untuk lebih jelasnya tonton video tutorial di bawah ini:



Bahan Bacaan:
Basic Clipping Path

1 komentar:

  1. Thank you so much for Clipping Path Photoshop Tutorial.

    BalasHapus