Selasa, 21 April 2015

QuarkXPress 2015 Siap Menantang InDesign

Platform desktop publishing veteran kini kembali. Namun apakah ini tantangan serius bagi pemimpin pasar Adobe?

Adobe mungkin memonopoli software desain profesional, namun masih harus ditinjau kembali. Adanya alternatif terbaru untuk Illustrator CC 2014 dalam bentuk Affinity Designer buatan Serif, Sketch buatan Bohemian Coding, ini berarti tidak perlu lagi berlangganan Creative Cloud untuk mendapatkan software grafis level profesional ini. Dan sementara Serif tengah mengembangkan software yang setara dengan Photoshop dan InDesign, pemain lama yang cukup favorit muncul lagi untuk menantang dominasi Adobe, yaitu QuarkExpress.


Pertama kali diluncurkan pada tahun 1992, QuarkXPress pernah mendominasi pasar untuk perangkat lunak layout halaman ini, lebih dari 95 persen pangsa pasar di kalangan pengguna profesional.

Namun, semuanya berubah pada tahun 1992 ketika Adobe InDesign diluncurkan sebagai perangkat lunak desktop Mac OS X yang dibundel dengan software Photoshop, Illustrator, dan Acrobat dalam paket Creative Suite, dan dengan cepat memojokkan sang veteran.

Kini Quark kembali dengan QuarkXPress 2015 yang secara resmi diluncurkan 28 April 2015. Pembuatnya telah mengambil pendekatan yang tidak biasa untuk memilih fitur baru yang ditambahkan ke versi 2015 ini untuk mendapatkan pilihan bagi para penggunanya.

Sepuluh fitur yang paling diminta akan dimasukkan dalam versi terbaru ini, seperti otomatisasi yang dikendalikan desainer, produksi cetak dan digital, produktivitas dan banyak lagi.

Tambahan dan fitur baru yang terdapat dalam QuarkX 2015 :

- Kinerja 64-bit
- Ukuran halaman yang lebih besar
- Tool garis orthogonal
- Tata letak interaktif eBook
- Ukuran kertas custom
- Kemampuan untuk relink setiap gambar dalam penggunaan dialog
- Mengumpulkan hasil (Collect for output) untuk proyek yang lengkap
- Tombol pintas yang didefinisikan pada Mac
- Gaya Tabel 
- Format painter
- Dukungan OS X Yosemite 
- Tool palet, palet ukuran, dan docking grup palet pada Windows

Tidak ada komentar:

Posting Komentar