Sabtu, 25 April 2015

Mengenal Rilis Ke-11 OS X Yosemite

OS X Yosemite (versi 10.10) adalah rilis kesebelas OS X, sistem operasi desktop dan server keluaran Apple Inc untuk komputer Macintosh.

OS X Yosemite diumumkan dan dirilis untuk pengembang pada 2 Juni 2014 pada WWDC 2014 dan dirilis ke penguji beta publik pada 24 Juli 2014. Yosemite dirilis untuk konsumen pada 16 Oktober 2014. Setelah penamaan berbasis landmark pertama diperkenalkan lewat OS X Mavericks, Yosemite diambil dari nama taman nasional di California, Amerika Serikat.

Desain
Yosemite memperkenalkan perbaikan besar dari antarmuka pengguna OS X. Grafisnya mengganti sistem skeuomorphism dengan desain grafis datar dan efek tembus kabur, mengikuti estetika yang diperkenalkan pada iOS 7. Beberapa ikon telah diubah agar bersesuaian dengan iOS 7 dan iOS 8. Yosemite masih mempertahankan metafora OS X Desktop.

Perubahan desain lainnya termasuk ikon baru, skema warna gelap dan terang, dan penggantian Lucida Grande dengan Helvetica Neue sebagai default sistem tipografi. Dock sekarang menjadi persegi panjang 2D transparan bukan lagi susunan skeuomorphic kaca, mengingatkan pada desain Dock yang digunakan dalam versi awal OS X seperti Tiger dan iOS 7.

Continuity
Banyak fitur baru Yosemite terfokus pada tema kontinuitas, meningkatkan integrasi dengan layanan Apple lainnya dan platform seperti iOS dan iCloud. Dengan fungsi Handoff  memungkinkan sistem operasi untuk mengintegrasikan dengan perangkat iOS 8 melalui Bluetooth LE dan Wi-Fi ; pengguna dapat menempatkan dan menjawab panggilan telepon menggunakan iPhone sebagai saluran, mengirim dan menerima pesan teks, mengaktifkan hotspot pribadi, atau mengaktifkan berbagai item yang bekerja di dalam aplikasi mobile (seperti draft Mail atau spreadsheet Numbers) langsung ke desktop yang setara.

Notification Center
Notification Center menampilkan view "Today" baru, mirip dengan yang di iOS. Tampilan Today dapat menampilkan informasi dan update dari berbagai sumber, bersama dengan widget. Widget dalam tampilan Today mirip dengan iOS 8.

Foto
Seperti halnya OS X 10.10.3, fitur Photo menggantikan iPhoto dan Aperture. Menggunakan iCloud Photo Library untuk meng-upload semua foto pengguna di perangkatnya.

Fitur lainnya
Spotlight adalah bagian yang lebih menonjol dari sistem operasi ini; kini menampilkan kotak pencarian di tengah layar dan dapat mencakup hasil dari sumber online, termasuk Bing, Maps, dan Wikipedia. Aplikasi Stock seperti Safari dan Mail telah diperbarui. Secara khusus, banyak keamanan fitur telah ditambahkan ke Safari, seperti pilihan pembersihan history yang memungkinkan pengguna menghapus history, cookies, dan data lainnya sejam, hari, atau dua hari sebelumnya. Selain itu, Apple menambahkan DuckDuckGo dalam pencarian, sebuah mesin pencari yang tak bisa dilacak karena tidak menyimpan data pengguna.

Tombol hijau "zoom" pada jendela kini memiliki fungsi yang berbeda dalam aplikasi yang mendukung modus layar penuh. Bukan hanya memperbesar jendela, tombol ini sekarang memasuki modus layar penuh, menghilangkan tombol layar penuh di sudut kanan atas jendela yang telah hadir sejak Mac OS X Lion. 

JavaScript for Automation (JXA) adalah dukungan sistem baru untuk scripting dengan JavaScript, dibangun di atas JavaScriptCore dan Open Scripting Architecture. Fitur ini menjembatani Objective-C yang memungkinkan seluruh aplikasi Cocoa untuk diprogram dalam JavaScript.

Pengujian beta
Apel memulai program beta publik baru untuk OS X, yang tidak pernah dilakukan dengan sistem operasi ini sejak tahun 2000.Yosemite adalah bagian dari OS X Beta Seed Program, program publik yang memungkinkan pertama 1 juta pengguna untuk men-download dan menguji beta Yosemite tanpa biaya. Para penguji beta ini diperlukan untuk mengakui potensi risiko yang terlibat dengan perangkat lunak sebelum diluncurkan, dan menandatangani perjanjian non-disclosure (NDA). Program ini mulai merilis Public Beta pada 24 Juli 2014, sebanyak enam beta publik dari Yosemite telah diluncurkan.

Kompatibilitas
Sebagian besar produk Macintosh yang mampu menjalankan OS X Mountain Lion (v10.8.x) didukung oleh Yosemite; semua model yang mampu menjalankan OS X Mavericks (v10.9.x) dapat juga menjalankan Yosemite karena memiliki persyaratan yang sama. Namun, dalam rangka untuk mengambil keuntungan penuh dari fitur Handoff, persyaratan tambahan sistem minimum diperlukan termasuk Mac dengan Bluetooth LE (Bluetooth 4.0).***

Sumber: Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar