Minggu, 14 April 2013

Mendengarkan Musik Sama dengan Menikmati Seks

GIZMODO
Mendengarkan musik terbaru dapat meningkatkan otak dan memberikan 'imbalan' yang mirip dengan seks, seperti ditemukan para peneliti.
Dengan menggunakan pemindai MRI, para ilmuwan Kanada menemukan bahwa daerah di pusat imbalan (reward) otak, bagian yang sama saat kita berhubungan seks atau makan makanan favorit, menjadi aktif ketika orang mendengar lagu untuk pertama kalinya. Semakin banyak pendengar menikmati apa yang mereka dengar, semakin kuat koneksi ini.
Ketika orang mendengarkan sepotong musik yang mereka belum pernah dengar sebelumnya, aktivitas dalam satu wilayah otak bisa andal dan konsisten memprediksi apakah lagu ini akan disukai atau membelinya, ini adalah 'nucleus accumbens' yang terlibat dalam membentuk ekspektasi yang mungkin bermanfaat," kata Dr Valorie Salimpoor dari Montreal Neurological Institute and Hospital, yang memimpin penelitian ini.
Para sukarelawan dalam penelitian ini mendengarkan 60 kutipan musik yang sebelumnya belum pernah didengar saat menjalani pemindaian fMRI, memberikan tawaran berapa banyak mereka bersedia untuk membeli setiap item dalam sebuah lelang.
Peneliti mengatakan temuan mereka menunjukkan dengan tepat mengapa mendengarkan musik teranyar bermanfaat. "Apa yang membuat musik begitu kuat secara emosional adalah penciptaan harapan," ujar Salimpoor seperti dikutip Daily Mail.
'Kegiatan di nucleus accumbens merupakan indikator bahwa harapan bertemu atau melampaui, dan penelitian kami menemukan bahwa lebih banyak aktivitas yang kita lihat di daerah otak ini saat orang mendengarkan musik, semakin banyak uang yang rela mereka habiskan.***