Selasa, 26 April 2011

Plastik yang Mampu Memulihkan Sendiri

Para ilmuwan baru-baru ini memperkenalkan plastik jenis baru yang dapat memperbaiki dirinya sendiri bila terkena cahaya biasa.
Bahan ajaib ini bisa memperpanjang umur dan meningkatkan daya tahan puluhan produk berbasis polimer, mulai dari barang-barang rumah tangga biasa seperti tas dan tempat sampah hingga ban dalam dan peralatan medis, kata para peneliti seperti dipublikasikan "Nature", belum lama ini.
Walaupun plastik kenyal saat ini ditemukan dalam ribuan barang-barang konsumen, tetapi bahan yang digunakan sangat rentan terhadap kerusakan yang disebabkan goresan, potongan, dan tusukan. Tempat sampah penuh dengan benda-benda plastik yang dibuang karena pecah, retak atau bocor, yang kadang membahayakan manusia.
Sekumpulan ilmuwan yang dipimpin Christoph Weder dari Case Western Reserve University di Cleveland, Ohio menciptakan materi yang bisa memulihkan diri (healable) dari karet yang mengandung logam yang menyerap sinar ultraviolet dan mengubahnya menjadi panas lokal.
"Yang kami kembangkan pada dasarnya adalah sebuah bahan plastik baru yang terdiri dari rantai yang sangat kecil yang tetap bersatu dan berkumpul menjadi rantai yang lebih besar," kata Stuart Rowan dari Case Western. "Tapi apa yang kita miliki dirancang ke molekul tersebut, adalah kemampuannya untuk mengurai saat terkena cahaya. Saat terurai materi tersebut mengalir ke bagian yang rusak dan sistem akan diperbaiki," tambahnya.
"Polimer healable menawarkan alternatif untuk bahan daur ulang, dan merupakan langkah pertama dalam pengembangan bahan polimer yang memiliki rentang hidup jauh lebih lama dibanding yang ada saat ini," komentar Nancy Sottos dan Jeffrey Moore, peneliti dari University of Illinois.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar