Jumat, 22 April 2011

Mengubah Jendela Jadi Pembangkit Listrik

Jika perkembangan baru dari laboratorium di MIT seperti yang diharapkan, suatu hari nanti luas permukaan seluruh jendela sebuah bangunan dapat digunakan untuk menghasilkan listrik.

Kuncinya adalah sel fotovoltaik berbasis molekul organik, yang memanfaatkan energi sinar inframerah sambil membiarkan cahaya melewatinya. Bila dilapiskan ke sebuah panel kaca jendela standar, bisa menyediakan listrik untuk lampu dan perangkat lainnya, dan akan menurunkan biaya pemasangan dengan memanfaatkan struktur jendela yang ada.

Vladimir Bulovic, profesor teknik listrik dari Departemen Teknik Elektro dan Ilmu Komputer, MIT tengah mengembangkan sistem fotovoltaik transparan ini bersama Richard Lunt, seorang peneliti postdoctoral di Laboratorium Penelitian Elektronik, sistem buatan mereka mampu memangkas biaya mahal bila menggunakan fotovoltaik konvensional.

Sebuah kertas kerja Bulovic dan Lunt yang menggambarkan sistem barunya tersebut telah dipublikasikan secara online dalam jurnal Applied Physics Letters, Jumat (15/4), dan akan muncul dalam edisi cetaknya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar