Minggu, 02 Mei 2010

Peretas Rusia Mencuri 1,5 Juta Akun Facebook

SEORANG peretas (hacker) Rusia yang menyebut dirinya "kirllos" mengaku bisa menjual 1.000 akun Facebook orang lain seharga USD 25 (Rp 224.000 lebih) atau USD 45 jika akun tersebut masing-masing memiliki lebih dari 10 teman.

Peretas ini diyakini telah mencuri ID dari 1,5 juta pengguna FB. Jika data ini akurat, itu berarti satu dari setiap 300 pengguna Facebook mungkin telah menjadi korbannya. Menurut iDefense Labs milik VeriSign yang dikutip ABC News, baru-baru ini, kirllos telah menjual informasi ini di sebuah situs peretas "bawah tanah". VeriSign memperkirakan, sejauh ini kirllos telah berhasil menjual sekitar 700.000 akun FB, namun perusahaan keamanan web ini tidak dapat memverifikasi apakah akun yang dijual adalah akun yang sah milik pengguna FB yang sesungguhnya atau bukan?

Harga yang ditawarkan kirllos ini terbilang sangat murah bila dibandingkan dengan data hasil scam yang dijual. Merujuk pada laporan terakhir keamanan internet dari Symantec, username dan password e-mail biasanya dihargai masing-masing antara USD 1 sampai USD 20. Sebaliknya, Kirllos akan akan menjual per akun seharga 25 sen (sekitar Rp 2.200).***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar