Sabtu, 19 Desember 2009

Upload Foto Facebook Via Ponsel

SEMUA ponsel yang sudah memiliki fitur GPRS/WAP atau fasilitas internet, tentu bisa mengakses situs pertemanan Facebook (http://m.facebook.com). Sayangnya fitur Facebook mobile di ponsel tidak selengkap bila akses lewat PC, PDA, atau Blackberry. Mengupload foto, misalnya, tidak bisa dilakukan secara langsung dari situs mobilenya.

Lalu bagaimana solusinya?

Setidaknya ada dua cara untuk bisa mengupload foto ke Facebook (FB) dari ponsel.

Cara 1: Mobile Media Uploader
Memanfaaatkan situs-situs Mobile Media Uploader, seperti yang ditawarkan situs Brainwares.com. Caranya, akses http://fb.brainwares.com dari ponsel sobat, bila ada syarat dan ketentuan (terms), silakan klik untuk menyetujuinya.

Maka akan muncul situs Brainwares.com lengkap dengan sederet menunya. Untuk mengupload foto, gulung layer ke atas, nah di sebelah bawahnya ada isian untul album foto, silakan klik bagian “Choose file” untuk memilih foto yang ada di memori ponsel sobat, jangan lupa tuliskan caption atau judul foto yang akan tampil di FB sobat.

Setelah selesai, klik “Upload”, atau sebelum itu foto sobat bisa di-tag terlebih dahulu. Dengan situs Mobile Media Uploader ini juga sobat bisa mengupload video.

Cara 2: MMS
Cara ini memanfaatkan fasilitas Multimedia Messaging Service (MMS) pada ponsel sobat. Untuk mengupload foto ke FB, pertama-tama sobat masuk ke akun FB lewat ponsel dengan memasukkan username dan password sobat.

Tampilan awal pada FBk biasanya akan ditawari fasilitas mengupload foto langsung ke FB via email atau MMS, sobat tinggal klik ikon Upload.

Setelah itu sobat akan diberi alamat email khusus untuk mengirim pesan foto, catat dan simpan alamat email tersebut, dan jangan sampai diketahui orang lain.

Kalau via email, kayaknya terlalu ribet, dimana sobat harus setting layanan email gratis, dan setting di ponselnya juga, apalagi kirim fotonya harus melalui attachment email. Jadi agar lebih mudah penulis hanya menjelaskan yang via MMS (tentunya ponsel yang memiliki fitur MMS).

Langkahnya bisa dimulai dari foto sobat yang akan dikirim ke FB. Buka foto tersebut, pijit tombol opsi dan kirim via MMS, kemudian ketik caption foto, lalu kirim dengan alamat email yang sudah diberikan pihak FB, setelah dipijit tombol Kirim, tunggu beberapa saat, dan foto pun sudah terkirim, kalau ragu-ragu silakan dicek keberadaan foto tersebut di akun FB sobat. Mudah kan?***

2 komentar: