Selasa, 08 Desember 2009

Main Game Jadul dengan DOSBox

PERNAH main game Pac Man, Digger, Invaders, Arkanoid, Warcraft, atau Sim City? Itu tuh game-game lawas alias jadul, sekarang mungkin sudah tidak ada lagi, kalaupun ada versinya sudah lebih modern dengan sistem grafis yang lebih canggih. Sekadar bernostalgia, sobat mungkin ingin sekali-kali memainkannya di PC, tapi kendalanya sistem operasi DOS sudah jarang lagi digunakan saat ini, karena sudah digantikan Windows, Mac OS atau Linux.
Jadi gimana solusinya?



Alternatifnya menggunakan DOS emulator, yang bisa menjalankan program atau game DOS di lingkungan Windows, namanya DOSBox. Keuntungan menggunakan DOSBox, game akan kompatibel dengan lingkungan MS-DOS sehingga suara, input, grafik bahkan jaringan akan berfungsi dengan baik.


Program utility kecil ini sifatnya open source sehingga bisa diunduh secara gratis. Ada banyak situs yang menyediakan program ini, untuk mudahnya silakan cari di http://www.dosbox.com atau di http://www.bestoldgames.net/eng/dosbox/.


Selain untuk Windows (XP atau Vista), DOSBox juga tersedia untuk platform Mac OS, Linux dan platform lainnya.


Bila DOSBox sudah diunduh, langsung saja diinstal ke direktori C (c:\DOSBox) dari PC sobat, bila selesai akan ada shortcut baru tampil di desktop sehingga memudahkan pengaktifan programnya. Tinggal double-click maka akan muncul jendela DOS yang siap untuk menerima perintah-perintah DOS.
Tampilannya akan seperti di bawah ini:



Jangan lupa untuk menempatkan game-game lawas sobat dalam direktori tersendiri di C (misalnya: c:\oldgames), jadi bila punya game dalam format zip atau rar (misalnya game TESTDRIVE), silakan ekstrak ke direktori tersebut.


Untuk menggunakan DOSBox, yang diperlukan adalah beberapa perintah sederhana MS-DOS, seperti mount, CD (change drive), dir, dan menjalankan file exe. Seperti terlihat pada tampilan pembuka DOSBox di atas, yang harus sobat ketikan adalah:

Z:\>MOUNT C C:\OLDGAMES

Z:\>C:

C:\>CD testdriv

C:\TESTDRIV>

>C:\TESTDRIV>tdcga.exe


Tahap-tahapnya akan seperti di bawah ini, setelah itu game akan muncul. Bila jendelanya kecil pijit saja Alt + Enter sehingga jendela game akan full screen.



Kalau game-game jadul sobat yang pernah dimiliki sudah pada hilang, jangan kecewa sobat bisa unduh lagi dari situs di bawah ini:

www.bestoldgames.net
www.486games.net

Selamat bernostalgia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar