Tuesday 20 October 2009

Mencari Lirik Lagu Indonesia dan Barat

MENDENGARKAN lagu favorit memang sungguh menyenangkan apalagi hafal liriknya, sehingga kita bisa mengikuti atau menyanyikan sendiri lagunya. Tetapi kadang kita sulit untuk mendapatkan lirik sebuah lagu yang kita senangi, terlalu merepotkan dan bukan lagi zamannya bila kita menyalin lirik dari lagu yang sedang diperdengarkan, begitu juga tidak semua kaset atau CD mencantumkan lirik dari lagu-lagunya.

Cara terbaik dan termudah untuk mendapatkan lirik-lirik lagu yang kita inginkan, kita cari internet. Saat ini situs-situs kumpulan lirik lagu telah banyak dibuat baik lagu Indonesia atau mancanegara. Dari situs lirik lagu ini, sobat bisa membacanya, mengkopinya, atau mencetak sepuasnya karena tidak perlu membeli alias gratis, yang diperlukan hanya sambungan internet. Jadi sembari kita mendengar musik di PC, walkman, atau tape, kita bisa menyenandungkannya karena liriknya sudah ada di depan mata.

Untuk mempermudah pencarian, setiap situs telah menyediakan berbagai fasilitas, seperti kotak pencarian berdasarkan kategori penyanyi/artis atau berdasarkan judul lagu/albumnya. Alternatif lain dengan menglklik salah satu abjad dari A sampai Z yang merupakan inisial dari penyanyi atau judul lagu.

Sebenarnya dengan bantuan mesin pencari Google, lirik lagu apapun bisa dicari dengan mudah, contohnya ketik "lirik anang separuh jiwaku pergi", maka Google akan memberikan banyak pilihan situs, anda tinggal mengkliknya. Namun demikian daftar di bawah ini kiranya bisa memudahkan anda langsung ke salah satu situs yang saya rekomendasikan, tinggal klik maka anda akan langsung di bawa ke situs yang dimaksud.

-Situs penyedia lirik lagu Indonesia:

http://www.liriklagumusik.com

Di situs ini tersedia lirik-lirik lagu pop dari artis musik Indonesia dan mancanegara, dilengkapi dengan kord (chord) gitar dan notasi musik.

http://www.kapanlagi.com/lirik

Pencarian lirik lagu di situs ini bisa langsung dengan mengetikkan judul lagu/artis pada kotak pencarian kemudian klik "Cari". Atau bisa juga mencari berdasarkan abjad untuk kategori artis atau lagu.

http://funlirik.com

Di sini juga menyediakan lirik lagu terbaru atau yang sedang hit, beserta kunci gitarnya. Untuk mempermudah, masing-masing lirik lagu telah dikategorikan berdasarkan penyanyi dan albumnya. Bisa juga menggunakan kotak pencarian, berderetan dengan daftar artis dari A-Z untuk.

http://acaklirik.blogspot.com

-Situs penyedia lirik lagu barat

Seperti situs dalam negeri, di situs luar negeri ini juga menyediakan fasilitas pencarian berdasarkan artist atau song dengan kotak pencarian atau susunan alfabet, bahkan ada yang mengkategorikan dengan genre. Beberapa situs menyediakan pengaturan font dan besar kecilnya huruf bahkan bisa diterjemahkan ke dalam bahasa lain. Sementara situs lain memberi kemudahan pengiriman lewat e-mail, dicetak pada printer, atau link ke situs radio streaming. Silakan pilih!

http://www.lyrics.com

http://www.azlyrics.com

http://www.oldielyrics.com

http://www.seeklyrics.com

http://www.lyricsfreak.com

1 comment:

  1. Selain itu, fasilitas baru dari raksasa internet ini sangat menarik terutama bagi mereka yang suka bernyanyi. Dengan begitu bertambah satu lagi kemudahan untuk akses lirik lagu dari Google kepada pengguna setianya.

    ReplyDelete