Tuesday 29 September 2009

Mengubah Mouse Kanan Jadi Kidal

TULISAN sederhana ini sengaja saya buat bermula dari penderitaan lengan kanan saya, yang terasa pegal-pegal mulai dari pergelangan tangan hingga bahu bahkan leher bagian kanan, ini mungkin yang disebut "mouse arm" atau sindrom RSI (repetitive stress injury) akibat aktivitas yang banyak menggunakan mouse seperti profesi layoutman (seperti saya), pengguna Photoshop atau Autocad.

Akibat penderitaan ini, saya sering berkhayal untuk mengistirahatkan tangan kananku dan menggunakan tangan kiriku, bahkan berniat untuk membeli mouse kidal. Namun niat membeli mouse kidal saya urungkan, tak pernah terpikirkan sedikit pun bahwa mouse yang biasa saya pakai ternyata bisa diubah menjadi mouse kiri (kidal) hanya dengan mengubah konfigurasinya. Inilah yang saya lakukan sebagai salah satu alternatif mengurangi penderitaan lengan kananku sekaligus berbagi dengan sobat-sobat sekalian.

Untuk mengatur konfigurasi mouse sangatlah mudah, di sini saya menggunakan sistem operasi Windows XP dan Mac OS, sistem operasi yang lain mungkin tidak jauh berbeda.

Untuk Windows XP tahap-tahapnya adalah:

1. Lihat tombol "Start" di sudut kiri bawah layar, klik satu kali;
2. Dari menu yang muncul, di kolom kanan klik tombol "Control Panel";
3. Dari jendela yang muncul, di kolom kanan pilih "Printer and Other Hardware";
4. Dari jendela baru, klik "Mouse";
5. Kemudian jendela "Mouse Properties" muncul, dengan tab "Buttons" yang aktif, contreng pada kotak "Switch primary and secondary buttons", di bawah "Button Configuration".
6. Kemudian klik "OK". Selesailah sudah.

Untuk komputer Mac:
1. Dari menu di sudut kiri atas desktop, klik ikon apel
2. Dari menu drop down pilih "System Preferences..."
3. Dari jendela yang muncul klik "Keyboard & Mouse" pada sub bagian Hardware.
4. Jendela "Keyboard & Mouse" muncul, klik bagian "Mouse"
5. Perhatikan di sudut kanan bawah, di bawah "Primary mouse button:" silakan klik pada "Right"
6. Kalau sudah selesai tinggal tutup jendelanya.

Agar nyaman, sobat sebaiknya menggunakan mouse berbentuk simetris dengan dua tombol kiri-kanan, dan selebihnya membiasakan diri menggunakan mouse kiri ini. Selamat berkidal ria.***

Trims untuk ilustrasinya:
http://apurie.com/
http://ceppi-prihadi.blogspot.com/



No comments:

Post a Comment