Selasa, 14 Juli 2009

Bing, Saingan baru Google dan Yahoo

GOOGLE dan Yahoo sebagai mesin pencari paling dominan di jagat web, kini mendapat perlawanan yang cukup berarti dengan hadirnya mesin pencari baru keluaran Microsoft, Bing (www.bing.com). Bahkan, menurut data StatCounter, sejak peluncurannya awal Juni, Bing mampu menggeser kedudukan Yahoo.

Bing merupakan jelmaan baru dari Live Search yang jeblok di pasaran (begitu juga pendahulunya Windows Live Search, dan MSN Search). Sebelumnya, Bing sudah diperkenalkan kepada masyarakat lewat nama Kumo.

Diperkenalkan pertama kali oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada 28 Mei 2009 dalam konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat. Microsoft Bing online sepenuhnya pada 3 Juni 2009, dengan versi pratinjau yang telah dirilis pada 1 Juni, 2009.
Pihak Microsoft sengaja memilih kata "bing" yang merupakan onomatopeia atau kata yg meniru suara, dengan pertimbangan, mudah diingat, singkat, mudah diucapkan, dan akan berfungsi baik sebagai sebuah URL di seluruh dunia. Kata "bing" ini akan mengingatkan orang pada suara yang dibuat selama "saat-saat penemuan dan pengambilan keputusan."

Memang Bing diciptakan Microsoft tidak sekadar mesin pencari, tapi juga membantu penggunanya untuk mengambil suatu keputusan. Hal itu terlihat dari daftar saran pencarian secara real time dari permintaan yang dimasukkan, dan daftar pencarian terkait (disebut "pane Explorer" yang ada di sebelah kiri hasil pencarian).

Microsoft mengadopsi teknologi semantik ini dari PowerSet, sebuah perusahaan teknologi yang dibeli Microsoft pada 2008. Teknologi pencarian dari Powerset banyak membantu untuk pencarian yang lebih akurat. Kemampuan lain dari Bing adalah menyimpan dan berbagi histori pencarian melalui Windows Live SkyDrive, Facebook, dan email.

Dari tampilannya, Bing terlihat begitu menarik. Halaman awal search engine tersebut terlihat cantik dengan latar belakang gambar-gambar yang selalu berubah setiap harinya.



Microsoft Bing menawarkan beberapa fitur menarik, diantaranya:

Best Match: Hasil pencarian yang relevan akan muncul, dan link yang paling relevan akan ada pada puncak daftar
Instant Answers: Hanya dengan melakukan satu klik, bisa langsung mengakses informasi yang ada pada hasil pencarian
Bing Maps: Menjelajah Bumi virtual dengan peta, arah, dan lalu lintas secara interaktif, dengan bantuan citra satelit dan aerial, dilengkapi pandangan mata burung, peta 3D, dan kota 3D
Bing Travel Rate Key: Menampilkan perbandingan lokasi, harga, dan keramahan berbagai hotel di dunia.

Dalam beberapa minggu pertama Bing berhasil mengumpulkan pangsa pasarnya. Menurut lembaga analis StatCounter, minggu lalu Bing mampu meraih 12,9% pangsa pasar di Amerika Serikat, mengalahkan Yahoo yang hanya meraup 10,15%. Sementara, Google masih belum terkejar dan bercokol pada 74,99% pangsa pasarnya. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar